FTC 2000 Milik Angkatan Udara Sudan
FTC 2000 Milik Angkatan Udara Sudan.Sumber : janes

HobbyMiliter.com – Sudan Terima Jet Tempur Latih FTC 2000 Buatan China. Sudan dikabarkan baru menerima unit – unit jet tempur latih FTC 2000 buatan China. Sebuah pengumuman dilansir oleh Kementerian Pertahanan Sudan menyebut bahwa unit – unit pesawat jet tempur latih tersebut telah tiba di Sudan pada tanggal 16 Mei 2018 (kemarin, red). Selain mengumumkan kedatangan sekaligus penyerahan unit – unit pesawat jet tempur latih tersebut, pihak Kementerian Pertahanan Sudan juga mengumumkan bahwa sebuah skuadron baru yang berisikan jet – jet latih tempur buatan China tersebut juga telah dibentuk dan dikukuhkan bersamaan dengan acara serah terima pesawat – pesawat jet latih tempur tersebut yang dihadiri pejabat Kementerian Pertahanan Sudan, petinggi Angkatan Bersenjata Sudan serta Atase Militer China untuk Sudan.

Baca juga :   Potong Gaji Militan Hingga 50%, ISIS Akan Kehilangan Banyak Anggota

Dalam beberapa foto tampak pesawat – pesawat jet latih tempur buatan China tersebut telah diberi nomor 1201 hingga 1206. Hal ini sekaligus mengindikasikan bahwa sebanyak 6 unit pesawat jet tempur latih FTC 2000 yang dipesan oleh pemerintah Sudan dari China telah dikirimkan seluruhnya. Sebelumnya, pada tahun 2016 yang lalu, pemerintah Sudan dikabarkan telah memesan sebanyak 6 unit pesawat jet tempur latih jenis FTC 2000 kepada perusahaan manufaktur pesawat jet Guizhou Aircraft Industries Corporation atau disingkat GAIC yang bermarkas di Provinsi Guizhou, China. Artinya, untuk memproduksi sebanyak 6 unit pesawat jet tempur latih yang juga terkenal dengan sebutan Guizhou JL-9 ini dibutuhkan waktu tidak lebih dari 2 tahun saja.

Baca juga :   Kudeta Militer Turki: Pemimpin Kudeta Ditangkap, Erdogan Salahkan Gerakan Spiritual Gulenist

FTC 2000 Mountain Eagle merupakan pesawat jet tempur latih kursi ganda yang diproduksi oleh GAIC yang awalnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Udara serta Angkatan Laut China. Peranan utama pesawat ini adalah mengisi tugas – tugas jet latih tempur. Dengan dibekali sebuah meriam internal kaliber 23 milimeter, serta 5 Hardpoints untuk menaruh rudal, bom standar, dan atau tanki bahan bakar eksternal, FTC 2000 dapat menjelma menjadi sebuah jet tempur taktis jika diperlukan. Sebelum akhirnya membeli T-50i Golden Eagle dari Korea Selatan, Indonesia awalnya dikabarkan tertarik dengan jet tempur latih buatan China tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here