Wednesday, September 16, 2020
Home Berita Militer Dunia Militer Iran Perang Amerika vs Iran Dimulai? Rudal Iran Serang Pangkalan Amerika di Irak

Perang Amerika vs Iran Dimulai? Rudal Iran Serang Pangkalan Amerika di Irak

Perang Amerika vs Iran Dimulai? Rudal Iran Serang Pangkalan Amerika di Irak – HobbyMiliter.com. Iran diketahui meluncurkan lebih dari selusin rudal balistik ke pangkalan Amerika di Irak. Pangkalan Ain al-Asad yang sebenarnya merupakan markas tentara Irak namun juga dipakai sebagai pangkalan tentara Amerika ini diserang bersamaan dengan beberapa pangkalan militer dimana pasukan Amerika ditempatkan lainnya.

Serangan balasan Iran ini dilakukan kurang dari satu minggu semenjak Amerika Serikat melakukan pembunuhan terhadap Jendral Qasem Soleimani, komandan pasukan Quds Iran melalui sebuah serangan drone bersenjata.

Perang Amerika vs Iran Dimulai? Rudal Iran Serang Pangkalan Amerika di Irak
Rudal Fateh-313 yang ditengarai dipakai Iran dalam serangan ini

Televisi pemerintah Iran mengkonfirmasi serangan ini dalam sebuah siaran. Televisi pemerintah Iran menyebutkan bahwa Garda Revolusioner Iran telah melakikan serangan terhadap Pangkalan Udara Ain al-Asad dan mengancam akan melakukan tindakan penghancuran yang lebih jauh jika Amerika melakukan serangan balasan lagi, menyusul serangan Iran ini. Diperkirakan, ketegangan akan semakin meningkat dan berpotensi terjadi perang Amerika vs Iran.

BACA JUGA :  Peresmian Destroyer USS Rafael Peralta, 31 Oktober 2015

Pentagon sendiri sudah mengkonfirmasi bahwa paling tidak ada dua fasilitas pasukan Amerika di Irak yang mengalami serangan rudal Iran. Kedua pangkalan Amerika yang diserang rudal Iran tersebut adalah pangkalan Ain al-Asad di Provinsi Anbar Irak dan sebuah pangkalan lain di Erbil. Serangan ini dipastikan semakin jauh meningkatkan ketegangan antara Amerika vs Iran.

Respon Donald Trump di Twitter

Dalam rilisnya di televisi Pemerintah Iran, komandan IGRC Iran mengatakan bahwa serangan rudal Iran ke Amerika hari ini adalah langkah pertama dan Iran akan menghabisi setiap tentara Amerika yang mengancam negaranya. Presiden Amerika Donald Trump dikatakan komandan IGRC tersebut harus memikirkan untuk mulai menarik mundur seluruh pasukan Amerika dari kawasan Timur Tengah. Negara negara dikawasan tersebut menyerukan deeskalasi ketegangan antara Amerika vs Iran ini.

BACA JUGA :  Su-27 Rusia Mencegat Pengintai Maritim P-8A Poseidon Amerika Di Atas Laut Baltik

Sebagai akibat dari serangan Iran ke pangkalan Amerika ini, badan penerbangan Amerika Serikat, FAA telah melarang setiap penerbangan sipil asal Amerika untuk terbang dan beroperasi di wilayah ruang udara Irak, Iran, Teluk Persia, dan perairan antara Arab Saudi dan Iran menyusul adanya kekhawatiran eskalasi akan meningkat di wilayah tersebut.

Perang Amerika vs Iran Dimulai? Rudal Iran Serang Pangkalan Amerika di Irak
Siaran televisi Iran saat rudal Iran meluncur dalam konflik Amerika vs Iran ini

Menurut analisis militer, Iran menggunakan rudal balistik darat ke darat Fateh-313 dalam serangan ini. Rudal Fateh-313 Iran ini diketahui merupakan rudal balistik jarak menengah dengan jangkauan tembak sekitar 500 kilometer.

BACA JUGA :  Video Kapal Selam Amerika Terobos Samudra Artic

Saat ini dunia sedang menunggu perkembangan lebih lanjut mengenai bagaimana reaksi Amerika Serikat dalam menyikapi serangan ini, mengingat berdasarkan hukum di Amerika Serikat, hanya Kongress yang punya kuasa untuk menyatakan perang terbuka, sedangkan Presiden Donald Trump mempunyai kuasa sebagai panglima tertinggi militer Amerika dalam melakukan peperangan. Namun, harga minyak dunia sudah bergerak naik dalam menyikapi kekhawatiran akan berkurangnya pasokan minyak dunia karena potensi perang Amerika vs Iran ini.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ngeteng, Cara Angkatan Udara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF

Beli Ngeteng, Cara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF - HobbyMiliter.com. Dalam diskusi diskusi di forum forum militer online maupun di grup grup militer di Facebook,...

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia - HobbyMiliter.com - Meski telah jutaan tahun membalut Bumi, belum seluruh bagian atmosfer bisa...

Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an

Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an - HobbyMiliter.com. Perang Soviet di Afghanistan berlangsung selama lebih dari sembilan tahun....

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet - HobbyMiliter.com. Pada saat persiapan operasi Trikora dalam rangka perebutan Irian Barat (sekarang Provinsi...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua