Tuesday, January 18, 2022
HomeBerita Militer DuniaMiliter PerancisAirbus Terbangkan Hasil Produksi Pertama Helikopter H160

Airbus Terbangkan Hasil Produksi Pertama Helikopter H160

Airbus Terbangkan Hasil Produksi Pertama Helikopter H160 – HobbyMiliter.com – Airbus, perusahaan raksasa industri pertahanan asal Prancis dikabarkan berhasil melaksanakan penerbangan helikopter H160 hasil produksi massal pertamanya. Uji coba tersebut dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2018 yang lalu.

Meski demikian, pihak Airbus sendiri baru mengumumkan kesuksesan atas berlangsungnya kegiatan uji coba penerbangan helikopter multi-peran tersebut pada tanggal 18 Desember 2018 waktu setempat. Uji coba ini menandai masuknya H160 kedalam tahapan selanjutnya yakni tahap uji penerbangan dengan penempatan berbagai modifikasi terhadap platform hasil produksi massal.

BACA JUGA :  Tiongkok Akan Luncurkan 110 Roket Antariksa dan 20 Misi Luar Angkasa

Ini dilakukan untuk membuktikan apakah modifikasi terhadap struktur helikopter hasil produksi massal mempengaruhi kemampuan terbang dari helikopter ini atau tidak. Rencananya, pembeli pertama dari unit – unit helikopter terbaru besutan Airbus tersebut adalah Babcock, sebuah perusahaan jasa layanan rekayasa teknis dibidang energi, kelautan, serta search and rescue.

Bagi pihak Airbus, H160 merupakan sebuah helikopter multi-fungsi yang diproduksi dengan menggunakan metode produksi baru. Bagian fuselage helikopter tersebut dibuat di fasilitas produksi milik Airbus yang berada di Donauworth, di Jerman. Kemudian bagian tail boom dibuat di fasilitas produksi yang ada di Spanyol.

BACA JUGA :  Rusia Kembangkan Unit Robot Tempur Berukuran Tas Ransel

Perangkat avionik, serta perangkat penggerak lainnya seperti gearbox dan bilah baling – baling, dibuat di fasilitas – fasilitas produksi Airbus yang berada di Prancis, diantaranya di kota Paris dan Marignane. Dari berbagai tempat tersebut, nantinya proses akhir perakitan helikopter tersebut akan dilakukan di fasilitas final assembly line milik Airbus di Marignane, Prancis.

Sementara itu, pihak Babcock selaku Launch Customer dari helikopter terbaru buatan Airbus ini dikabarkan telah memesan helikopter multi-peran tersebut dalam jumlah yang dirahasiakan.

BACA JUGA :  Boeing dan Korean Air Ubah Helikopter Tua Militer Korsel Jadi Drone

Untuk penggunaan secara militer sendiri, helikopter H160 rencananya akan digunakan oleh militer Prancis untuk menggantikan semua unit helikopter yang ada pada inventaris mereka (terkecuali unit – unit helikopter angkut sedang NH-90, helikopter serang Tiger, serta helikopter utilitas H225M Caracal) dengan satu tipe helikopter saja. H160 besutan Airbus terpilih sebagai pemenang tender program pengadaan helikopter yang kemudian dinamai program Helicoptere Interarmees Leger (HIL) oleh militer Prancis.

3 COMMENTS

    • Semoga Indonesia membelinya.. karena platform heli ini bisa menggantikan peranan NBo105 Bolkow, sekaligus juga menggantikan peranan Bell 412Ep, dapat digunakan untuk penyederhanaan tipe helikopter yang dimiliki TNI..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

98-serang-pasukan-suriah-as-minta-maaf-karena-tidak-disengaja

Bunuh Pasukan Pemerintah Suriah, AS: “Serangan Kami Tidak Disengaja”

0
Hobbymiliter.com - Komando Militer Amerika Serikat Wilayah Timur Tengah (US Central Command/CENTCOM) mengeluarkan pernyataan resmi pasca serangan udara Amerika Serikat yang menargetkan titik pertahanan...

Recent Comments