Wednesday, June 29, 2022
HomeBlog MiliterPenampakan Kapal Induk Type 001A Buatan China

Penampakan Kapal Induk Type 001A Buatan China

HobbyMiliter.com – Penampakan Kapal Induk Type 001A Buatan China. China kini semakin dekat untuk mengoperasikan kapal induk buatan dalam negeri nya, demikian diungkapkan oleh beberapa pengamat militer internasional. Kapal induk buatan dalam negeri China, disebut dengan designasi Type 001A, diperkirakan oleh beberapa pihak akan mulai beroperasi pada tahun 2020.

Media televisi nasional China, China Central Television atau disingkat CCTV melaporkan bahwa scaffold penahan struktur badan kapal tersebut telah dilepaskan. Tidak hanya itu, lapisan warna dasar berwarna merah juga telah di cat dibawah garis air kapal tersebut. Saat ini, kapal tersebut masih berada di Dalian, sebelah Timur Laut Provinsi Liaoning. Kabarnya, sebuah acara seremonial terkait peluncuran kapal tersebut akan segera dilaksanakan.

BACA JUGA :  Rudal Brahmos India Siap Diujicoba Pada Jet Tempur Sukhoi Su-30 MKI

“Tidak seperti Liaoning, yang merupakan kapal yang diperoleh dari Ukraina, dan dibangun oleh Ukraina pada masa masih dibawah Uni Sovyet, Type 001A adalah kapal yang dibangun sendiri oleh China. Desain badan kapal, kemampuan tempur, serta teknologi yang digunakan akan lebih modern daripada kapal sebelumnya (Liaoning, red).” ujar Song Zhongping, seorang pengamat militer China kepada media nasional China, Global Times.

Meskipun demikian, seorang peneliti di PLA Navy Equipment Research Center menyatakan pada CCTV bahwa kapal tersebut masih harus melalui jalan panjang untuk dapat memasuki fase dinas aktif di Angkatan Laut China. “Masih ada jalan panjang yang harus dilalui dari tahap peluncuran hingga masuknya kapal ini dalam tahap dinas aktif di Angkatan Laut, biasanya tahap transisi ini akan memakan waktu dua tahun.” Ujar Yin Zhuo, seorang peneliti yang bertugas di PLA Navy Equipment Research Center pada CCTV.

BACA JUGA :  Rusia Segera Orbitkan 3D-Printed Nano Satelit Pertama Di Dunia

Penampakan Kapal Induk Type 001A Buatan China. Meskipun sudha memasuki tahap akhir dari proses produksi, kapal induk Type 001A buatan China tersebut masih belum dipasangi radar serta fasilitas – fasilitas lain untuk mendukung tugas nya sebagai kapal induk. Rencananya dalam kurun waktu satu atau dua tahun kedepan akan dilakukan pemasangan berbagai fasilitas serta sensor yang diperlukan oleh kapal tersebut. Diperkirakan kapal induk Type 001A tersebut akan mulai melaksanakan Sea Trial atau uji coba berlayar pada tahun 2019 mendatang.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Rudal R-73 TNI AU alias AA-11 Archer di pasang di ujung sayap Sukhoi.

Vympel R-73 Alias AA-11 Archer, Rudal Udara ke Udara Sukhoi TNI...

0
Vympel R-73 Alias AA-11 Archer, Rudal Udara ke Udara Sukhoi TNI AU - HobbyMiliter.com - Sudah sejak 2003 Sukhoi Su-27SK dan Su-30MK memperkuat angkatan...

Recent Comments