Monday, November 23, 2020
Home Blog Militer HDPE Boat yang Diklaim Tahan Terhadap Terjangan Proyektil

HDPE Boat yang Diklaim Tahan Terhadap Terjangan Proyektil

HobbyMiliter.com – HDPE Boat yang Diklaim Tahan Terhadap Terjangan Proyektil. Berlokasi di Komplek Satuan Koarmabar I Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Pada hari Rabu, 22 Maret 2017, Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) melaksanakan uji ciba kecepatan serta manuver untuk speed boat khusus. Dikatakan khusus karena speed boat ini berjenis HDPE (High Density PolyEthylene) boat, walaupun bentuknya tak jauh beda dengan speed boat standart, tapi material pada lambungnya memiliki kelebihan tersendiri, yaitu high impact resistance, digunakan untuk menahan terjangan proyektil peluru berkaliber 5,56 mm yang biasanya digunakan senapan serbu SS-1.
HDPE 2

High impact meliputi terjangan peluru, terkena karang, benda tajam, hingga bebatuan tajam, menjadi masalah tersendiri untuk kapal perang serta kapal patroli milik TNI AL, terlebih lagi saat beroperasi pada perairan dangkal. Sehingga HDPE boat merupakan solusi untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Menurut tnial.mil.id, HDPE Boat adalah kapal berjenis speed boat yang didesain khusus agar tetap bekerja meskipun dalam situasi darurat, karena memiliki bentuk desain yang berbahan high density polyethelene (HDPE) yang terususn atas 2 lapisan yang berisi polystyrene blocks.

HDPE 3

Istilah model HDPE boat terdengar agak asing, tapi di luar negeri penggunaan teknologi ini telah banyak dimanfaatkan, termasuk kalangan sipil juga. Kelebihan dari HDPE boat diantaranya:

BACA JUGA :  Profil Kopaska TNI AL, Pasukan Katak Andalan Indonesia

Zero Corrosion

Bahan HDPE membuat lambung kapal terbebas dari korosi yang disebabkan garam laut, oksigen, serta air laut. Sehingga kapal HDPE tidak memerlukan perawatan khusus, seperti tak perlu membersihkan lambung kapal setelah penggunaan.

High Impact Resistance

Seperti yang sudah dijelaskan, HDPE boat didesain kuat menahan goresan, tusukan, hingga hantaman di lambungnya.

Flexible Design

Sistem kapal yang dilengkapi HDPE memiliki desain dengan fleksibilitas yang tinggi, rancangngan kapal lebih mudah diatur sesuai dengan spesifikasi yang diperlukan.

Marine Growth Resistane

BACA JUGA :  Umumkan Anggaran Militer, Pentagon Akan Luncurkan Drone Mini Rahasia

Lambung HDPE didesain dengan bentuk yang halus serta tahan terhadap tumbuhan lumut hijau dan sejenisnya, membuat aspek perawatannya lebih mudah, dan kebersihan lambung kapal lebih terjaga.

Ultra Violet Resistance

Ditambah dengan bahan karbon, HDPE relatif kuat menahan paparan sinar ultra violet. Pada umunya sinar ultra violet menyebabkan lambung kapal memudar.

HDPE yang diuji coba oleh Satkopaska merupakan produksi dari PT Sari Multi Raya Artha. Dalam pengujiannya hadir juga Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, dan Direktur II PT. Sari Multi Raya Artha Indiana serta Direktur Teknik PT Sari Multi Raya Artha Hari Supriyadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis- Hobbymiliter.com. SMX-31 adalah suatu konsep kapal selam masa depan dari negeri Baguette. Konsep ini adalah unik karena memperkenalkan...

STRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

Sejarah STRIL, Sistem Koordinasi & datalink AU Swedia- Hobbymiliter.com.  Bahwa Swedia terkenal sebagai salah satu negara di semenanjung Skandinavia yang bersifat independen atau dalam...

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?- Hobbymiliter.com. Bidang Pertahanan udara dewasa ini memiliki sebuah pertanyaan,  utamanya setelah perang Suriah, Libya, serangan drone AS di...

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS- hobbymiliter.com. Bahwa dewasa ini kita mengenal Angkatan laut AS utamanya dari armada kapal selam nuklirnya. Nama-nama seperti...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua