Thursday, December 9, 2021
HomeBlog MiliterBerita MiliterMelihat Dari Dekat Latihan Bersama CARAT 2021 Divex (Bagian 2)

Melihat Dari Dekat Latihan Bersama CARAT 2021 Divex (Bagian 2)

Hobbymiliter.com – Setelah selesai menjalani hari pertama dalam latihan Bersama CARAT 2021 Divex & Salvex, penulis kembali melanjutkan aktivitas sebagai penerjemah bahasa pada hari kedua Latma CARAT 2021 Divex & Salvex. Jika sebelumnya pada hari pertama kegiatan lebih banyak diisi dengan aktivitas SMEE (Subject Matter Expert Exchange) dimana diadakan diskusi dan saling berbagi pengalaman antar tim penyelam dari Indonesia dan Amerika Serikat, maka pada hari kedua kali ini, aktivitas lebih banyak dilakukan di luar ruangan. Bagi penulis, inilah saat bagi para penyelam untuk mempraktekkan apa yang sudah mereka pelajari dan saling mereka bagikan kepada partner kedua negara pada diskusi SMEE di hari sebelumnya.

Seperti apa sih keseruan dan kekompakan tim penyelam dari kedua negara pada latihan hari kedua ini? Simak pembahasannya di bawah ini.

Hari Kedua

Latihan Bersama CARAT 2021 Divex dan Salvex pada hari kedua kali ini lebih difokuskan pada kegiatan lapangan. Pelaku latihan dari kedua negara akan melakukan operasi penyelaman (Diving Operation) dan operasi pengangkatan material objek dari bawah air (Salvage Operation) menggunakan peralatan pengangkat berupa Lifting Bag. Dalam skenario, nantinya objek yang akan diangkat harus terlebih dahulu “dicari, ditemukan/ditandai, dan disambung” sebelum diangkat.

BACA JUGA :  Hadapi Sengketa Wilayah, India Berangkatkan 100 Tank T-72 Ke Perbatasan Tiongkok

Dalam latma CARAT 2021 Divex dan Salvex kali ini bertindak sebagai Palaklat yakni Mayor Laut (T) Eko Wahyu Santoso, dengan dibantu serangkaian tim diantaranya Kapten Laut (KH) Yopi Halim, S.T bertindak sebagai Paopslat, Kapten Laut (P) Dody Ahmad bertindak sebagai Pasminlog, Kapten Laut (T) Sugiarto, S.T bertindak sebagai Dandenlat, Kapten Laut (S) Ichwan Rusdiansyah, S.T bertindak sebagai Katim SAR, Lettu Laut (T) Guritno bertindak sebagai Kabid Divex, Lettu Laut (K) dr. Yudha Putra bertindak sebagai Dokter, Letda Laut (S) Rajab Suwamo, S.Sos bertindak sebagai Staff Divex, serta Letda Laut (S) M.Qusyairi, S.I.Kom selaku POC Divex.

Dalam melaksanakan kegiatan latihan operasi penyelaman dan operasi pengangkatan material objek dari bawah air (Diving and Salavge Operation) ini, tim penyelam dari TNI AL yang dipimpin oleh Katim Diver yakni Lettu Laut (K) Musman Saad Amd, Fis berkoordinasi dan melaksanakan kegiatan operasi penyelaman dan pengangkatan objek material dari bawah air bersama dengan tim Mobile Diving and Salvage Unit – 1 (MDSU-1) Company 1-5 US Navy Deep Sea Diver.

Dive Plan
Seorang tim US Navy Deep Sea Diver menjelaskan tentang Dive Plan pada tim Penyelam TNI AL sebelum memulai operasi penyelaman Divex dan Salvex.
Sumber : Dokumentasi Dislambair Koarmada II

Sebelum melakukan operasi penyelaman, tim penyelam US Navy terlebih dahulu memberikan penjelasan terkait persiapan operasi penyelaman yang dikenal dengan Dive Plan. Dive Plan dalam fase persiapan operasi penyelaman diperlukan agar pelaksanaan kegiatan operasi penyelaman dapat dilakukan dengan efektif, singkat, tepat waktu, dan tepat sasaran. Penjelasan mengenai Dive Plan ini dilakukan dengan suasana yang sangat interaktif dimana penyelam TNI AL juga memberikan berbagai pertanyaan kepada tim penyelam US Navy yang juga dijawab dengan sangat jelas oleh tim dari US Navy Deep Sea Diver MDSU-1 Company 1-5.

Secara keseluruhan rangkaian pelaksanaan kegiatan operasi penyelaman dan pengangkatan material objek dari bawah air yang dilakukan dalam Divex dan Salvex kali ini berhasil dilaksanakan dengan baik dan lancar. Seluruh objektif operasi latihan dapat dipenuhi dan kerjasama antara kedua tim penyelam dari kedua negara tampak berlangsung dengan baik dan tanpa kendala yang berarti.

BACA JUGA :  Peresmian Destroyer USS Rafael Peralta, 31 Oktober 2015

Setelah melaksanakan Divex dan Salvex, tim penyelam kedua negara kemudian beristirahat sejenak untuk kemudian sore hari nya melaksanakan kegiatan olahraga bersama yakni Voli Pantai dan Spearfishing / menangkap ikan dengan cara di tombak. Dalam kesempatan ini penulis turut mendampingi sebagai penerjemah bagi pelaksanaan kegiatan Spearfishing.

Malam harinya, acara dilanjutkan dengan makan malam dan malam keakraban antara Tim Penyelam kedua negara. Dalam acara malam keakraban yang dilangsungkan bersamaan dengan waktu makan malam, dihidangkan ikan hasil tangkapan dari kegiatan olahraga Spearfishing yang dilakukan sore hari tadi. Suasana nampak begitu akrab dan ditemani irama musik lagu-lagu dari sound system, para penyelam dari kedua negara saling bercengkrama dan bercerita kisah-kisah unik dan lucu yang mereka alami selama masa penugasan.

BACA JUGA :  Foto Kunjungan Kapal Perang India Ke Surabaya

Nah itulah tadi serangkaian kegiatan yang diikuti oleh penulis pada hari kedua Latma CARAT 2021 Divex dan Salvex. Kisah hari ketiga akan segera penulis tayangkan dalam waktu dekat. Jadi, jangan ketinggalan update dari kami yaa. Pastikan anda membuka secara rutin situs kami, Hobbymiliter, untuk mendapatkan berbagai update terbaru soal militer dan alutsista.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua