Tuesday, May 24, 2022
HomeBlog MiliterBerita MiliterJMSDF Resmikan Operasional Kapal Selam Pertama Dari Kelas Taigei

JMSDF Resmikan Operasional Kapal Selam Pertama Dari Kelas Taigei

Hobbymiliter.com – Matra laut militer Jepang, Japan Maritime Self Defense Force atau disingkat JMSDF, telah meresmikan operasional unit kapal selam pertama dari kelas Taigei. Peresmian tersebut dilakukan pada hari Rabu, 9 Maret 2022. Acara peresmian kapal selam ini dilakukan di fasilitas galangan kapal milik perusahaan Mitsubishi Heavy Industries atau disingkat MHI yang berada di kota Kobe, prefektur Hyogo, Jepang. Kapal pertama yang diresmikan dari kelas Taigei adalah JS Taigei dengan nomor lambung SS-513.

JS Taigei merupakan kapal selam ketiga di dunia yang  menggunakan teknologi baterai Lithium-ion secara penuh sebagai sumber tenaga untuk mendukung pengoperasiannya. Sebelumnya, sebanyak dua unit kapal selam kelas Soryu yang juga merupakan milik Pasukan Bela Diri Maritim Jepang juga telah dilengkapi baterai Lithium-ion sebagai sumber tenaga utama untuk mendukung operasionalnya.

BACA JUGA :  China Luncurkan Unit Pertama Kapal Perang Type 075 LHD

Dibangun di fasilitas galangan kapal milik Mitsubishi Heavy Industries (MHI,red), JS Taigei memiliki ukuran panjang keseluruhan 84.5 meter, diameter/lebar badan kapal 9.1 meter, dan draught 8.5 meter. Kapal selam ini diperkirakan memiliki bobot displacement 3.000 ton.

Dapur pacu dari kapal selam terbaru milik JMSDF ini adalah dua mesin diesel buatan Kawasaki yang diperkirakan mampu membawa kapal selam ini berlayar di atas permukaan air dengan kecepatan maksimal 20 knot dan kecepatan maksimal 25 knot dibawah permukaan air. Diperlengkapi dengan 6 (enam) tabung peluncur torpedo HU-606 21 inchi (533 milimeter) yang mampu meluncurkan dua jenis torpedo yakni Type 89 dan Type 18 serta memiliki kemampuan meluncurkan rudal UGM-84 L Harpoon Submarine-Launched Anti Ship Missile.

Selain sederet kemampuan diatas, kapal-kapal selam kelas Taigei juga dikabarkan akan mendapatkan sistem manajemen pertempuran atau Combat Management System (CMS,red) yang lebih baru dan modern jika dibandingkan dengan kelas Soryu yang saat ini telah berdinas aktif di armada JMSDF. Pemerintah Jepang sendiri merencanakan akan membuat sebanyak 7 unit kapal selam kelas Taigei ini. Kedepannya, seluruh kapal selam kelas Taigei akan menggantikan kapal selam kelas Oyashio yang telah berdinas sejak tahun 1998.

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

77-kim-jong-un-siagakan-hulu-ledak-nuklir

Disanksi PBB, Kim Jong-Un Perintahkan Siaga Satu Alutsista

0
Hobbymiliter.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un telah memerintahkan agar gudang alutsista militernya disiagakan demi menjalankan serangan mendadak sewaktu-waktu. Hal ini dilakukan sebagai respon...

Recent Comments