Friday, April 19, 2024
HomePeningkatan Kekuatan Udara Sebelum Serangan Jepang ke Pearl Harbour

Peningkatan Kekuatan Udara Sebelum Serangan Jepang ke Pearl Harbour

HobbyMiliter.com – Peningkatan Kekuatan Udara Sebelum Serangan Jepang ke Pearl Harbour. Benua Asia dianggap terbelakang dalam urusan teknologi mesin perang. Akibatnya predikat “anak bawang” seialu melekat pada bangsa-bangsa dikawasan ini. Julukan ini terus bertahan walau Armada AL Jepang berhasil melibas Armada Rusia di Selat Tsushima pada tahun 1908.

Sejak saat itu diam-diam Jepang muiai mengembangkan diri menjadi salah satu raksasa miiiter dunia. Sekaligus berangan-angan jadi pemimpin di seantero belahan Timur Dunia. Hebatnya lagi tak ada satupun negara sekutu yang menyadari perkembangan ini sampai Serangan Jepang ke Pearl Harbour.

BACA JUGA :  Konflik Libya: Foto Foto Eks Pangkalan Udara Libya Yang Direbut GNA Dari LNA Haftar

Janganlah menganggap segala sesuatu sebagai hal yang remeh. Pakem ini rupanya tak pernah dipedulikan oleh negara-negara Eropa dan Amerika yang telah bercokol berabad-abad di Benua Asia. Sebagai contoh peristiwa Selat Tsushima misalnya, tak membuat Amerika dan Eropa (sekutu) sadar akan potensi Jepang menjadi suatu ancaman. Bahkan saat konflik Sino-Jepang meletus sekutu tetap saja melihat enteng negeri ini.

Padahal Jenderal Claire Chennault, komandan satuan udara sukarela Flying Tigers, telah menginformasikan Washington tentang kecanggihan pesawat-pesawat tempur Jepang yang terlibat. Laporan tadi rupanya dianggap tak lebih dari arsip tak berguna oleh para petinggi militer Amerika.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

AS Setujui Penjualan Rudal Anti Radiasi AGM-88E AARGM Ke Jerman

9
AS Setujui Penjualan Rudal Anti Radiasi AGM-88E AARGM Ke Jerman - HobbyMiliter.com - Pemerintah AS dikabarkan telah menyetujui penjualan sistem senjata berbasis rudal anti...

Recent Comments