Tuesday, May 24, 2022
HomeBlog MiliterBerita MiliterJet Tempur J-10C Resmi Perkuat AU Pakistan

Jet Tempur J-10C Resmi Perkuat AU Pakistan

Hobbymiliter.com – Angkatan Udara Pakistan resmi mengoperasikan pesawat jet tempur J-10C buatan China. Pada tanggal 11 Maret 2022 yang lalu, telah dilakukan prosesi penerimaan pesawat jet tempur dari negeri Tirai Bambu tersebut. Acara penerimaan pesawat jet tempur tersebut dihadiri oleh Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan, serta petinggi militer Pakistan. Acara penerimaan pesawat jet tempur J-10C ini dilaksanakan di pangkalan udara Minhas milik Angkatan Udara Pakistan di wilayah Kamra, distrik Attock, Punjab.

Beberapa waktu sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Pakistan, Sheikh Rashid Ahmed, mengungkapkan rencana pembelian pesawat jet tempur J-10C dari China pada sebuah acara publik. Ia menyebut, sebanyak 25 unit pesawat jet tempur multi-peran buatan China tersebut akan turut meramaikan parade militer besar-besaran yang akan diadakan di ibukota Pakistan, Islamabad, pada tanggal 23 Maret 2022 mendatang. Ia juga menyebutkan, bahwa rencana akuisisi pesawat jet tempur ini merupakan upaya Pakistan untuk menandingi India yang sebelumnya telah mengakuisisi dan mulai mengoperasikan 36 unit pesawat tempur Dassault Rafale buatan Perancis.

BACA JUGA :  Perusahaan Anti Drone Inggris Luncurkan Konsep Drone-Jamming Terbarunya

Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan, pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih nya kepada China karena telah memenuhi kebutuhan Angkatan Udara Pakistan dalam jangka waktu yang singkat. Seperti diketahui sebelumnya, Pakistan menandatangani kontrak akuisisi pengadaan pesawat jet tempur multi-peran buatan China tersebut pada bulan Juni 2021. Meski belum diketahui secara pasti berapa jumlah total pesawat yang dibeli oleh Pakistan dari China, namun pernyataan Menteri Dalam Negeri Pakistan yang menyebut sebanyak 25 unit pesawat akan terlibat pada parade militer besar-besaran yang akan diadakan di ibukota Pakistan, Islamabad pada beberapa waktu yang akan datang, seharusnya sudah cukup menjawab pertanyaan terkait jumlah pembelian alutsista tersebut.

BACA JUGA :  NORINCO Kembangkan Kendaraan Tempur Modular Lapis Baja

Chengdu J-10C merupakan varian terbaru dari keluarga pesawat jet tempur Chengdu J-10 yang diproduksi oleh Chengdu Aircraft Industry Group (CAIG) China. Memiliki perangkat radar active electronically scanned array (AESA), pesawat ini mampu melakukan penjejakan dan penindakan terhadap sasaran udara dari jarak kurang lebih 200 kilometer dengan menggunakan peluru kendali udara ke udara / air to air missile PL-15. Dalam inventaris Angkatan Udara Pakistan sendiri, kehadiran J-10C sebagai jet tempur utama bagi AU Pakistan menjadi penyegaran bagi AU Pakistan yang hanya mengandalkan armada F-16 dari Amerika Serikat sebagai kekuatan pemukul kelas berat bagi AU mereka.

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

CARAT DIVEX SALVEX 2021 DAY 1

Melihat Dari Dekat Latihan Bersama CARAT 2021 Divex & Salvex (Bagian...

0
Hobbymiliter.com – Cooperation Afloat Readiness And Training, atau biasa disingkat sebagai CARAT, merupakan serangkaian program Latihan Bersama yang dilakukan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat...

Recent Comments