Monday, May 23, 2022
HomeMiliterAlutsistaSlovakia Pilih Patria AMVXP IFV 8x8 Untuk Program BOV

Slovakia Pilih Patria AMVXP IFV 8×8 Untuk Program BOV

Hobbymiliter.com – Pemerintah Slovakia dikabarkan memilih Patria sebagai perusahaan pemasok kendaraan tempur jenis Infantry Fighting Vehicle (IFV) roda ban 8×8 untuk memenuhi kebutuhan program BOV 8×8 nya. Keputusan ini dituangkan dalam perjanjian kontrak Government to Government (G To G) antara pemerintah Slovakia dengan pemerintah Finlandia. Dalam perjanjian kontrak ini, disebut bahwa Patria, perusahaan industri pertahanan strategis asal Finlandia tersebut akan memproduksi tidak kurang dari 76 unit kendaraan tempur jenis Infantry Fighting Vehicle (IFV) roda ban 8×8 Patria AMVXP. Perjanjian kontrak ini diperkirakan bernilai tidak kurang dari 447 juta Euro. Dengan nilai kontrak sebesar itu, Slovakia mendapatkan 76 unit kendaraan tempur jenis Infantry Fighting Vehicle (IFV) roda ban 8×8 Patria AMVXP, logistik dan amunisi untuk sistem senjata yang terpasang di kendaraan tempur tersebut, serta berbagai perlengkapan dan infrastruktur pendukung untuk pengoperasian kendaraan tempur tersebut.

BACA JUGA :  Helikopter Mi-17 TNI AD Jatuh Dan Terbakar di Kendal

Rencananya, unit pertama dari kendaraan-kendaraan tempur tersebut akan mulai dikirimkan ke Slovakia pada awal tahun 2023. Berdasarkan informasi dari Kementerian Pertahanan Slovakia, indikator atau parameter penilaian evaluasi terhadap setiap peserta program pengembangan dan akuisisi kendaraan tempur BOV IFV 8×8 untuk militer Slovakia ini terbagi dalam beberapa indikator diantaranya 35 persen penilaian dari nilai harga sistem senjata yang ditawarkan, 30 persen penilaian dari spesifikasi teknis sistem senjata yang diajukan, 10 persen penilaian dari faktor dukungan logistik serta siklus hidup (Life Cycle) sistem senjata tersebut, dan 25 persen penilaian dari keterlibatan industri pertahanan dalam negeri Slovakia.

BACA JUGA :  MARINIR AMERIKA SENANG BISA BERLATIH DENGAN MARINIR INDONESIA

Dalam program pengembangan dan akuisisi kendaraan tempur jenis Infantry Fighting Vehicle (IFV) roda ban 8×8 yang oleh Slovakia diberi nama BOV ini, nantinya, Patria AMVXP yang dibeli oleh Slovakia ini akan dipersenjatai dengan sistem kubah senjata Turra-30 buatan EVPU, salah satu industri pertahanan dalam negeri Slovakia. Sistem kubah senjata Turra-30 ini diperlengkapi dengan senjata berupa meriam utama kaliber 30 milimeter, sebuah senapan mesin coaxial kaliber 7,62 milimeter, dan dapat ditambahkan juga dua unit rudal anti-tank Spike-LR sebagai senjata tambahan untuk meningkatkan daya gempur terhadap unit tank lawan.

BACA JUGA :  Australia Namai Desain Kapal Patroli Baru Dengan Nama Arafura Class

Patria AMVXP 8×8 akan menggantikan kendaraan tempur BVP-1, BVP-2, dan BVP-M buatan Uni Soviet yang saat ini masih berdinas dalam tubuh militer Slovakia.

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

ILSV dipamerkan di Indo Defence 2016

Indo Defence 2016 : ILSV Diproduksi 2017

0
HobbyMiliter.com - Perusahaan asal Indonesia, PT. Jala Berikat Nusantara Perkasa, mengumumkan pada acara eksibisi Indo Defence 2016, bahwa kendaraan taktis baru yang bernama Indonesia Light...

Recent Comments