Friday, April 19, 2024
HomeLawan Tiongkok, AS Hibahkan Dua Pesawat Patroli Kepada Filipina

Lawan Tiongkok, AS Hibahkan Dua Pesawat Patroli Kepada Filipina

Hobbymiliter.com – Korps Penjaga Pantai (US Coast Guard) mengatakan bahwa Amerika Serikat akan menghibahkan dua unit pesawat bekas kepada Filipina. Hal ini ditujukan supaya Manila lebih mampu dalam melakukan patroli perairan jarak jauh demi menghadapi sengketa Laut Cina Selatan melawan Tiongkok.

Dalam kesempatan terpisah, jurubicara unit penjaga pantai Filipina Kolonel Armand Balilo mengatakan kepada AFP bahwa dua unit pesawat patroli Sherpa dengan kapasitas penumpang 30 orang, akan dikirimkan pada Desember mendatang.

“(Pesawat) tersebut akan membantu pergerakan Penjaga Pantai Filipina seperti halnya dalam misi patroli,” tambah Balilo.

BACA JUGA :  Perusahaan AM General Tampilkan Sistem Meriam Ringan Kaliber 105 Milimeter Hawkeye di AUSA 2016

Hibah tersebut diumumkan beberapa hari selang aksi Presiden Filipina, Rodrigo Duterte yang kembali membuat kuping Amerika Serikat panas pada hari Senin silam. Dalam video yang ditayangkan oleh CNN Filipina, terlihat Duterte menyebut Obama dengan sebutan “putang ina” atau “anak pel*cur.”

Namun sang Presiden menyatakan telah menyesal mengucapkan kata-kata tersebut. Ini karena pemimpin Amerika Serikat mengancam akan membawa isu pelanggaran HAM yang terjadi di Filipina dalam perang Duterte melawan narkoba.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

35-rusia-terima-sistem-peluncur-roket-tornado-s

Rusia Terima Sistem Peluncur Roket Tornado-S Termutakhir

1
Hobbymiliter.com - Lebih dari 40 unit peluncur roket canggih milik Rusia akan segera dioperasikan di dalam satuan artileri dan motor infantri di Daerah Militer Barat...

Recent Comments