Lawan Tiongkok, AS Hibahkan Dua Pesawat Patroli Kepada Filipina

0
1171
69-as-hibahkan-pesawat-patroli-kepada-filipina
Shorts C-23 Sherpa milik US Army. Sumber: Combataircraft.com/Munnaf H. Joader

Hobbymiliter.com – Korps Penjaga Pantai (US Coast Guard) mengatakan bahwa Amerika Serikat akan menghibahkan dua unit pesawat bekas kepada Filipina. Hal ini ditujukan supaya Manila lebih mampu dalam melakukan patroli perairan jarak jauh demi menghadapi sengketa Laut Cina Selatan melawan Tiongkok.

Dalam kesempatan terpisah, jurubicara unit penjaga pantai Filipina Kolonel Armand Balilo mengatakan kepada AFP bahwa dua unit pesawat patroli Sherpa dengan kapasitas penumpang 30 orang, akan dikirimkan pada Desember mendatang.

“(Pesawat) tersebut akan membantu pergerakan Penjaga Pantai Filipina seperti halnya dalam misi patroli,” tambah Balilo.

Hibah tersebut diumumkan beberapa hari selang aksi Presiden Filipina, Rodrigo Duterte yang kembali membuat kuping Amerika Serikat panas pada hari Senin silam. Dalam video yang ditayangkan oleh CNN Filipina, terlihat Duterte menyebut Obama dengan sebutan “putang ina” atau “anak pel*cur.”

Namun sang Presiden menyatakan telah menyesal mengucapkan kata-kata tersebut. Ini karena pemimpin Amerika Serikat mengancam akan membawa isu pelanggaran HAM yang terjadi di Filipina dalam perang Duterte melawan narkoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here