Tuesday, May 24, 2022
HomeMiliterAlutsistaC295 Baru Perkuat AU Filipina

C295 Baru Perkuat AU Filipina

Hobbymiliter.com – Satu unit pesawat angkut kelas medium C295 resmi memperkuat Angkatan Udara Filipina (Philippine Air Force atau disingkat PAF). Pesawat angkut kelas medium tersebut tiba di Clark Air Base, Pampanga, Filipina pada hari Senin tanggal 28 Maret 2022, setelah menempuh perjalanan dari fasilitas produksi milik Airbus Defense and Space di Spanyol. Pesawat angkut medium ini merupakan aset terbaru bagi Angkatan Udara Filipina setelah sebelumnya mereka juga telah mengoperasikan 4 unit pesawat angkut yang sama. Unit yang tiba pada hari Senin minggu lalu tersebut menambah jumlah pesawat angkut medium C295 yang dimiliki dan dioperasikan Angkatan Udara Filipina menjadi sebanyak 5 unit.

BACA JUGA :  TD Malabar, Kapal Tunda Produksi Dalam Negeri Siap Diluncurkan

Datang sebagai unit pertama dari tiga unit yang dipesan oleh pemerintah Filipina, pesawat angkut kelas medium C295 buatan Airbus Defense and Space ini merupakan realisasi kontrak antara pemerintah Filipina dengan Airbus yang bernilai 5,288 Milyar Peso atau setara dengan 101,65 Juta Dollar AS. Kontrak tersebut ditandatangani pada tahun 2021 antara Airbus dengan pemerintah Filipina. Dengan kontrak tersebut, jumlah total keseluruhan pesawat angkut kelas medium yang akan dioperasikan oleh Angkatan Udara Filipina tersebut akan bertambah menjadi 7 unit pada beberapa tahun yang akan datang.

BACA JUGA :  Rusia Akan Produksi Pesawat Sukhoi SU-35 Untuk Indonesia

Pihak Airbus menyebut bahwa semua 3 unit pesawat yang dipesan oleh Filipina tersebut akan dikirimkan dalam konfigurasi pesawat Transport. Untuk diketahui, pesawat angkut kelas medium C295 buatan Airbus Defense and Space ini mampu mengangkut sebanyak 71 personel dalam misi angkut pasukan taktis, dan sebanyak 50 personel pada misi penerjunan pasukan menggunakan parasut. Pihak Angkatan Udara Filipina (Philippine Air Force atau disingkat PAF) berharap dengan hadirnya unsur – unsur pesawat angkut kelas medium ini dapat meningkatkan kemampuan Airlift dalam Angkatan Udara Filipina. Nantinya, unit – unit pesawat angkut taktis tersebut akan mampu menjangkau area – area di wilayah kedaulatan Filipina yang sebelumnya tidak dapat dijangkau oleh pesawat angkut yang berbadan besar seperti C-130 Hercules milik Angkatan Udara Filipina yang membutuhkan landasan yang lebih panjang agar dapat mendarat di wilayah tersebut. Nantinya, 3 unit CN295 baru ini akan dioperasikan oleh Airlift Wing No.220 yang merupakan bagian dari Komando Air Mobility AU Filipina.

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

An132D Flying Straight

Pesawat Angkut Antonov An132D Memulai Debut Di Timur Tengah

0
HobbyMiliter.com - Pesawat Angkut Antonov An132D Memulai Debut Di Timur Tengah. Pesawat angkut ringan dan misi khusus Antonov An132D akan memulai debutnya di Timur Tengah. Rencananya,...

Recent Comments