Friday, May 27, 2022
HomeBlog MiliterBerita MiliterLiaoning, Kapal Induk China Terbangkan Lebih Dari 100 Sorti Dalam Latihan 6...

Liaoning, Kapal Induk China Terbangkan Lebih Dari 100 Sorti Dalam Latihan 6 Hari

Hobbymiliter.com – Kementerian Pertahanan Jepang menyebut bahwa kapal induk milik Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (People’s Liberation Army-Navy, disingkat PLAN, Red), Liaoning, telah melaksanakan lebih dari 100 sorti penerbangan pesawat selama menjalani kegiatan latihan 6 hari di sekitar wilayah perairan Jepang dan Taiwan. Kegiatan latihan 6 hari tersebut dilaksanakan mulai tanggal 3 Mei 2022 sampai dengan 9 Mei 2022. Kegiatan latihan yang dilakukan oleh Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (People’s Liberation Army-Navy, disingkat PLAN, Red) tersebut dilakukan di rentang wilayah perairan yang berjarak kurang lebih 160-230 kilometer di barat daya pulau Okidaito, prefektur Okinawa, dan 160 kilometer di selatan pulau Ishigaki. Latihan yang dilakukan di selatan pulau Ishigaki tersebut berjarak hanya 335 kilometer di sebelah Timur dari Taiwan.

BACA JUGA :  Kehadiran Tentara Saudi Di Suriah Bisa Memicu Perang Dunia Baru

Menurut Menteri Pertahanan Jepang, Nobuo Kishi, kegiatan latihan tersebut melibatkan aset-aset milik Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China seperti pesawat jet tempur J-15 dan helikopter – helikopter untuk melakukan latihan operasi peperangan anti-kapal selam (Anti Submarine Warfare). Menurutnya, kegiatan latihan yang dilaksanakan oleh PLAN selama 6 hari tersebut diduga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kapabilitas pengoperasian kapal induk di Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN) dan meningkatkan jarak jangkau operasional pelayaran gugus tempur kapal induk dan penerbangan pesawat dari kapal induknya. Kishi juga menyebut bahwa aktivitas sejenis yang dilakukan oleh Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN) ini harus terus diawasi dan dipantau.

BACA JUGA :  Hanggar Baru Skadron Udara 16 TNI AU

Jepang sendiri telah memantau pergerakan gugus tempur kapal induk milik Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN) sejak tanggal 1 Mei 2022 ketika gugus tempur tersebut masih berada di wilayah perairan barat daya pulau Jeju-do Korea Selatan. Adapun kapal – kapal perang lainnya yang turut serta berlayar bersama dengan kapal induk Liaoning yakni satu unit kapal perang jenis perusak (destroyer) kelas Renhai Type-055 (Nanchang), tiga unit kapal perang jenis perusak (destroyer) kelas Luyang-III Type-052D (Xining, Urumqi, Chengdu), dan satu unit kapal perang jenis perusak (destroyer) kelas Luyang-II Type-052C (Zhengzhou). Gugus tempur kapal induk Liaoning merupakan gugus tempur kapal induk pertama yang dimiliki oleh Angkatan Laut China dan beroperasi di sekitar wilayah Laut China Timur dan Laut China Selatan.

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

75-tiongkok-dan-rusia-buka-latihan-al-bersama-di-laut-cina-selatan

Tiongkok dan Rusia Resmi Buka Latihan AL Gabungan Di Laut Cina...

0
Hobbymiliter.com - Latihan angkatan laut gabungan antara Tiongkok dan Rusia untuk tahun 2016 resmi dibuka. Wakil Komandan Angkatan Laut Pasukan Pembebasan Rakyat (PLAN), Laksamana...

Recent Comments