Monday, May 23, 2022
HomeBlog MiliterBerita MiliterPresiden-PM Finlandia Ajukan Permohonan Bergabung Dengan NATO Kepada Publik Finlandia

Presiden-PM Finlandia Ajukan Permohonan Bergabung Dengan NATO Kepada Publik Finlandia

Hobbymiliter.com – Situs resmi kantor kepresidenan Finlandia pada tanggal 12 Mei 2022 resmi merilis sebuah pernyataan bersama antara Presiden Finlandia, Sauli Niinisto dan Perdana Menteri Finlandia, Sanna Marin terkait kemungkinan Finlandia untuk dapat bergabung dengan aliansi pakta pertahanan Atlantik Utara atau NATO. Dalam surat pernyataan bersama tersebut, baik Presiden maupun Perdana Menteri Finlandia menekankan pentingnya bergabung dengan aliansi NATO sebagai upaya untuk mempertahankan keberlangsungan negara Finlandia yang merdeka dan berdaulat.

Surat pernyataan bersama ini di rilis juga dengan tujuan untuk menginformasikan kepada partai-partai politik yang ada dalam keanggotaan parlemen di Finlandia bahwa inilah saat yang tepat bagi masyarakat Finlandia dan parlemen Finlandia untuk memutuskan keputusan bersama dan bersama-sama dengan pemerintah dalam hal ini Presiden dan Perdana Menteri Finlandia dalam menyatakan sikap dan memilih untuk bergabung dengan pakta pertahanan atlantik utara atau NATO. Tak hanya itu, Presiden Finlandia, Sauli Niinisto dan Perdana Menteri Finlandia, Sanna Marin, menekankan pentingnya menjaga, dan memperkuat kestabilan serta keamanan di wilayah Finlandia dengan cara bergabung dengan aliansi pakta pertahanan atlantik utara atau NATO.

BACA JUGA :  TNI AL Terima Tiga Kapal Selam Dari Korea Selatan
Presiden-PM Finlandia Ajukan Permohonan Bergabung Dengan NATO Kepada Parlemen Dan Masyarakat Finlandia
Presiden-PM Finlandia Ajukan Permohonan Bergabung Dengan NATO Kepada Publik Finlandia. Surat Pernyataan Bersama Yang Dirilis Oleh Kantor Kepresidenan Finlandia.
Sumber : Situs Resmi Kepresidenan Finlandia.

Selain menekankan kepada publik internasional dan masyarakat Finlandia terkait pentingnya bergabung dengan aliansi pakta pertahanan atlantik utara tersebut, surat pernyataan bersama antara kepala negara dan kepala pemerintahan Finlandia tersebut juga menggarisbawahi keuntungan yang dapat diperoleh aliansi pakta pertahanan atlantik utara tersebut apabila Finlandia dapat bergabung sebagai salah satu anggotanya. Finlandia menekankan bahwa dengan bergabungnya negeri tersebut kedalam keanggotaan NATO, akan semakin memperkuat aliansi pertahanan tersebut secara keseluruhan.

Di akhir pernyataan bersama tersebut, baik Presiden maupun Perdana Menteri Finlandia telah sepakat bahwa keputusan untuk mengajukan permohonan bergabung ke NATO harus segera dibuat dan tidak dapat ditunda lagi. Sebagai penutup, Presiden dan Perdana Menteri Finlandia menyatakan harapan mereka bahwa tindak lanjut dari Parlemen dan masyarakat Finlandia dalam rangka menyetujui dokumen permohonan Finlandia untuk bergabung dengan aliansi pakta pertahanan atlantik utara atau NATO dapat segera diambil dengan cepat dalam beberapa hari yang akan dating.

BACA JUGA :  Komodo Pendobrak!

Sejauh ini, pernyataan bersama tersebut menjadi sinyal terkuat Finlandia secara politik untuk segera mengajukan permohonan bergabung dengan aliansi pakta pertahanan atlantik utara tersebut kepada markas besar NATO. Saat ini, tinggal menunggu keputusan parlemen Finlandia saja apakah dokumen permohonan bergabung dengan NATO tersebut disetujui atau tidak. Tinggal selangkah lagi bagi Finlandia melepas status Netral nya, dan menjadi Anggota NATO. Finlandia sendiri merupakan negara yang berbatasan langsung daratannya dengan Russia dan memiliki bentang perbatasan sejauh 1.340 kilometer dari utara ke selatan.

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

55-houthi-yaman-bunuh-50-orang-tentara-saudi

Rudal Pasukan Pemberontak Houthi Yaman Bunuh 50 Tentara Arab Saudi

0
Hobbymiliter.com - Pasukan pemberontak Yaman yang didukung oleh “Komite Populer” Ansarullah Houthi Syiah, dilaporkan membunuh setidaknya 50 orang tentara Saudi termasuk komandannya. Serangan tersebut menggunakan...

Recent Comments