24-kapal-induk-liaoning-tiongkok-siap-berlayar-ke-pasifik-timur
Kapal induk Liaoning. Sumber: Xinhua

Hobbymiliter.com – Tiongkok ditengarai memiliki ambisi untuk memperpanjang jangkauan kapal induknya hingga ke ujung timur Pasifik, bahkan hingga menuju Atlantik.

Corong berita utama Partai Komunis Tiongkok, The People’s Daily pada hari Minggu (8 Januari) melaporkan bahwa kapal induk Liaoning milik Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN) akan berpatroli hingga ke kedalaman Pasifik Timur.

“Kapal induk kami bukanlah kapal induk petapa. Cepat atau lambat, (kapal) tersebut akan merangsek masuk ke area ‘rantai kepulauan kedua’ dan hingga ke Pasifik Timur,” tulis harian tersebut.

Baca juga :   Kunjungan Panglima Angkatan Bersenjata Pakistan ke PT. PINDAD (Persero)

Kapal induk Tiongkok satu-satunya tersebut banyak disibukkan dalam beberapa minggu belakangan. Awal November 2016, PLAN menyatakan bahwa Liaoning sudah siap secara tempur. Kemudian, pada pertengahan Desember 2016, kapal induk tersebut menggelar unjuk kekuatan senjata untuk pertama kalinya. Lalu, menjelang tahun baru kemarin, Liaoning ikut melibatkan diri dalam latihan di Pasifik Barat. Terakhir, pada pekan lalu, kapal buatan Uni Soviet tersebut mendapat porsi latihan berat di Laut Cina Selatan.

Baca juga :   Pasukan Khusus TNI Siap Tangkap Kelompok Santoso

“Kapal induk adalah alat strategis yang harusnya bisa dimanfaatkan untuk memamerkan kekuatan Tiongkok,” ujar tabloid terbitan The People’s Daily, Global Times pada 25 Desember 2016.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here