Friday, June 24, 2022
HomeBerita MiliterBerita Militer DuniaKapal MMIPV Pertama Untuk AL Afrika Selatan Resmi Diserahterimakan

Kapal MMIPV Pertama Untuk AL Afrika Selatan Resmi Diserahterimakan

Hobbymiliter.com – Damen Shipyard Cape Town (DSCT) selaku cabang perusahaan galangan kapal asal Belanda, Damen, resmi menyerahkan unit kapal MMIPV (Multi-Mission Inshore Patrol Vessel) pertama yang dipesan oleh Angkatan Laut Afrika Selatan. Pada sebuah acara seremonial yang digelar di pangkalan Angkatan Laut Simons Town Naval Base pada hari Senin tanggal 23 Mei 2022 lalu, unit kapal MMIPV pertama ini resmi diserahkan oleh pihak Damen Shipyard Cape Town selaku galangan kapal yang membangun kapal ini kepada pihak pengguna yakni Angkatan Laut Afrika Selatan. Acara penyerahan ini sekaligus menjadi puncak pencapaian hasil kerja selama 4 tahun yang dilakukan oleh Damen Shipyard Cape Town atau DSCT.

BACA JUGA :  India Dan Indonesia Gelar Latma Samudra Sakti

Kapal patroli dengan panjang 62 meter dan lebar 11 meter ini diharapkan akan memberikan Angkatan Laut Afrika Selatan kemampuan untuk merespon dengan cepat terkait adanya ancaman tindak kriminal atau pelanggaran hukum di laut, seperti human trafficking/perdagangan manusia, perdagangan barang atau komoditas illegal, perdagangan narkoba, dan illegal fishing. Peran utama dari kapal ini adalah untuk melakukan patroli keamanan laut untuk mencegah atau mengatasi tindakan pembajakan kapal, penyelundupan barang atau komoditas illegal, dan atau illegal fishing. Kapal patroli yang oleh Damen diberi nama julukan Sea Axe (Kapak Laut) ini merupakan kapal dengan kemampuan multi-misi dimana ia dapat melakukan berbagai misi tergantung konfigurasi misi yang dipasangkan ke kapal tersebut. Konfigurasi peralatan pendukung misi tersebut disusun dalam beberapa bentuk kontainer khusus sehingga mempersingkat waktu re-konfigurasi bila dibutuhkan.

BACA JUGA :  NATO Kritik Keras Penempatan Rudal Iskander-M Rusia di Kaliningrad.

Kapal patroli multi-misi buatan Damen Shipyard Cape Town ini akan diberi nama SAS (South African Ship) King Sekhukhune I dengan nomor lambung P1571. Nantinya, sebanyak tiga unit kapal MMIPV akan dibangun oleh galangan kapal Damen Shipyard Cape Town tersebut. Kapal ini pertama kali mulai dikerjakan pada bulan Februari 2020. Kapal ini dipersenjatai dengan sistem senjata meriam otomatis kaliber 20 milimeter Reutech Super Sea Rogue. Dibangun dari basis desain kapal Stan Patrol 6211, kapal ini memiliki bobot benaman kurang lebih 750 ton.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

HMS Audacious Selesaikan Pelayaran Operasional Pertamanya

HMS Audacious Selesaikan Pelayaran Operasional Pertamanya

0
Hobbymiliter.com - HMS Audacious Selesaikan Pelayaran Operasional Pertamanya. Kapal selam terbaru milik Angkatan Laut Inggris (Royal Navy) dari kelas Astute, HMS Audacious, dikabarkan telah...

Recent Comments