Friday, June 24, 2022
HomeBlog MiliterReferensiSejarah Pembubaran VOC

Sejarah Pembubaran VOC

Sejarah Pembubaran VOC – HobbyMiliter.com – Saat kita belajar sejarah pastinya mengenal yang namanya VOC. Karena kita mengenal VOC sebagai perserikatan dagang dari Belanda yang menjajah Indonesia selama ratusan tahun. Lalu bagaimana sejarah pembubaran VOC? Apakah VOC dibubarkan sebelum atau setelah Indonesia merdeka? Semua jawabannya akan kami sajikan dalam rangkuman sejarah pembubaran VOC di bawah ini.

Apa itu VOC?

VOC adalah singkatan dari Vereenigde Oostindische Compagnie atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya Perserikatan Dagang Hindia Timur. VOC dibentuk oleh Belanda dengan beberapa tujuan.

Tujuan Pembentukan VOC

Sebelum membahas tentang sejarah pembubaran VOC, kita akan membahas terlebih dahulu tentang tujuan dari pembentukan VOC.

Pada perundingan 15 Januari 1602, tujuan utama dari pembentukan VOC adalah untuk menimbulkan bencana bagi musuh dan guna keamanan tanah air. Arti musuh dalam tujuan VOC ini adalah banga Spanyol dan Portugis.

BACA JUGA :  6 Bukti Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia

Karena kedua negara tersebut saling bergabung menjadi satu untuk merebut dominasi perdagangan di wilayah Asia yang sebelumnya telah berhasil dikuasai Belanda. Adanya VOC, Bangsa Belanda bisa menjalin hubungan baik dengan masyarakat di Nusantara pada saat itu.

Tetapi berjalannya waktu, tujuan utama VOC tersebut beralih memiliki tujuan lain, seperti :

  1. Mengurangi persaingan antar sesama pedagang Belanda agar menghindari persaingan yang tidak sehat antar sesama pedagang Belanda.
  2. Menandingi persaingan dengan pedagang dari bangsa Eropa lainnya, terutama menyaingi Spanyol dan Portugis.
  3. Melakukan monopoli rempah-rempah di kawasan Asia.
  4. Memegang kekuasaan dari kerajaan yang ada di Indonesia. Sehingga bisa mengambil alih tentara kerjaan untuk dijadikan prajurit perang.
  5. Memperkuat posisi Belanda di Dunia Internasional agar disegani bangsa Eropa lainnya.
  6. Memberikan keuntungan untuk pemerintah Belanda.
  7. Merebut tempat-tempat yang strategis di Indonesia, terutama pelabuhan di Indonesia.
  8. Menguasai lembaga pemerintahan Kerajaaan yang ada di Indonesia agar mudah dipengaruhi.
BACA JUGA :  Korea Selatan Tambah Pesanan Rudal Jelajah KEPD 350K Taurus

Sejarah Singkat Pembentukan VOC

Setelah kamu mengetahui tujuan pembentukan VOC, sekarang kita akan membahas tentang sejarah singkat pembentukan VOC. Berdasarkan tujuan utamanya VOC ke Asia termasuk ke Nusantara awalnya adalah untuk berdagang atau melakukan jual beli. Tetapi kemudian misi dagang berubah menjadi membentuk Pemukiman atau kolonisasi di Nusantara agar mereka bisa berdagang dengan lebih mudah.

Dahulu di awal abad 16, sebenarnya perdagangan rempah-rempah di Nusantara telah didominasi oleh bangsa Spanyol dan Portugis. Tetapi perdagangan yang mereka lakukan kurang efisien karena tidak bisa memberikan suplai yang terus meningkat, terutama rempah-rempah jenis lada. Yang pada saat itu menyebabkan harga lada meningkat drastis.

Pada tahun 1580, Spanyol dan Portugis sedang dalam keadaan perang dengan negara Belanda. Sehingga membuat Belanda merasa khawatir dan akhirnya mendorong Belanda memasuki Nusantara demi mendapatkan rempah-rempah.

BACA JUGA :  Sejarah Axis Power Pada Perang Dunia 2

Ekspedisi yang dipimpin Cornelis de Houtman pada tahun 1595-1597 bersama Jan Huyghen Van Linschoten akhirnya menemukan Jalur rahasia pelayaran Portugis dan menemukan Banten. Sesampainya di Banten terjadi perseteruan penduduk lokal dengan pihak Portugis. Adanya perseteruan tersebut menyebabkan kehilangan beberapa awak kapal dan akhirnya Belanda mendirikan VOC (Veredigne Oost-Indische Compagnie ).

Di tahun 1602, Belanda kembali ke Nusantara untuk mendirikan kongsi dagang VOC untuk bisa bersaing dengan negara Eropa lain seperti Perancis, Inggris, Spanyol dan Portugis.
VOC berhasil mendirikan markasnya di Jakarta yang dulu bernama Batavia. Setelah itu para anggotanya mendirikan tempat di Indonesia terutama di Maluku yang kaya akan rempah-rempah. Metode yang digunakan dalam monopoli dagang saat ini adalah dengan pembunuhan, pemerasan dan kekerasan kepada penduduk lokal.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

TNI AL Kembalikan Kemampuan Serangan Jarak Jauh KCR 60M

7
HobbyMiliter.com - TNI AL Kembalikan Kemampuan Serangan Jarak Jauh KCR 60M. Pada ajang eksibisi atau pameran maritim internasional IMDEX 2019 yang dilaksanakan di Singapura, terungkap...

Recent Comments