Friday, June 24, 2022
HomeMiliterAlutsistaNNS Kada, Kapal LST Baru Untuk AL Nigeria Resmi Tiba Di Nigeria

NNS Kada, Kapal LST Baru Untuk AL Nigeria Resmi Tiba Di Nigeria

Hobbymiliter.com – Nigerian Navy Ship (NNS) Kada dengan nomor lambung LST 1314, dikabarkan telah tiba di Nigeria setelah sebelumnya melakukan pelayaran perdana nya dari Uni Emirat Arab. Kapal perang dari jenis Landing Ship Tank (LST) ini akan memperkuat Angkatan Laut Nigeria dalam mengembangkan kehadiran / presence mereka di wilayah perairan Teluk Guinea dan memproyeksikan kekuatan militernya melalui kemampuan pendaratan pasukan via jalur laut. Sebelumnya, kapal ini dibangun di galangan kapal Albwardy milik Damen yang berada di wilayah Sharjah, Uni Emirat Arab. Kapal ini berangkat meninggalkan Uni Emirat Arab menuju Nigeria pada hari Jum’at tanggal 1 April 2022 dan tiba di Nigeria pada hari Jum’at tanggal 27 Mei 2022.

BACA JUGA :  Engine F-5 Tiger II Skadron Udara 14

NNS Kada merupakan kapal perang dari jenis Landing Ship Tank (LST) yang mulai dibangun pada akhir tahun 2019 dan resmi diserah terimakan kepada Angkatan Laut Nigeria dalam sebuah upacara seremonial di Sharjah, Uni Emirat Arab, pada hari Rabu, tanggal 30 Maret 2022. Kapal perang jenis LST ini dibangun dengan mengambil basis desain Damen LST 100 milik Damen yang membuat kapal ini berukuran panjang 100 meter, lebar 16 meter, serta bobot mati 1.300 ton. Kapal ini dapat mengangkut sebanyak 250 orang personel marinir dengan perlengkapan penuh dan juga memiliki jarak jangkau maksimal sejauh 4.000 mil laut dengan kecepatan jelajah 15 knot dan kecepatan maksimal 16 knot.

BACA JUGA :  Lithuania Terima Unit Pertama IFV Vilkas

Sebelum tiba di Nigeria, kapal ini telah berhenti di lima negara yakni Angola (kota Pelabuhan Luanda), Gabon (kota pelabuhan Port Gentil), Kenya (kota pelabuhan Mombasa), Oman (kota pelabuhan Port of Duqm), dan Afrika Selatan (kota Pelabuhan Cape Town). Dalam masa dinasnya di Angkatan Laut Nigeria, NNS Kada akan menjalani beberapa misi utama yakni membantu pergeseran pasukan dan material peralatan milik militer Nigeria, misi pertolongan terhadap korban bencana alam, serta memproyeksikan kehadiran / presence dan kekuatan / power militer Nigeria khususnya di wilayah perairan Teluk Guinea. Arti nama “Kada” pada kapal perang ini mengambil dari bahasa Hausa yang berarti “buaya”

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

PCSV Singapura

Singapura Luncurkan PCSV, Kendaraan MRAP Pertamanya

0
HobbyMiliter.com - Angkatan Darat Singapura, baru – baru ini meluncurkan platform kendaraan anti ranjau pertama produksi dalam negeri Singapura. Kendaraan ini dinamai Belrex Protected...

Recent Comments