Friday, June 24, 2022
HomeBlog MiliterBerita MiliterTaiwan Tembakkan Rudal Hsiung Feng II Dari Kapal Penjaga Pantai

Taiwan Tembakkan Rudal Hsiung Feng II Dari Kapal Penjaga Pantai

Hobbymiliter.com – Pemerintah Taiwan dikabarkan sukses melakukan uji coba penembakan peluru kendali (rudal) anti-kapal Hsiung Feng II dari atas kapal penjaga pantai milik Badan Penjaga Pantai Taiwan (Coast Guard Agency, disingkat CGA,Red). Kegiatan uji coba penembakan rudal ini dilaksanakan pada hari Jum’at, tanggal 27 Mei 2022 waktu setempat. Uji coba penembakan peluru kendali (rudal) anti-kapal Hsiung Feng II tersebut dilakukan dari atas kapal penjaga pantai Anping dengan nomor lambung CG-601. Rangkaian kegiatan uji coba penembakan rudal anti kapal Hsiung Feng II ini dilakukan di area fasilitas milik National Chung-Shan Institute of Science and Technology’s (NCSIST) Jiupeng, dan di wilayah lepas pantai perairan sisi timur Taiwan.

BACA JUGA :  Mesir Terima 3 Unit Jet Tempur Dassault Rafale Dari Prancis

Dalam kegiatan uji coba penembakan rudal anti kapal buatan dalam negeri Taiwan tersebut, perwira dan petugas dari Angkatan Laut Taiwan ditempatkan di kapal CG Anping untuk melakukan proses penembakan rudal anti kapal Hsiung Feng II tersebut. Segera setelah penembakan rudal anti kapal tersebut berhasil dilakukan, kapal Anping CG-601 milik Badan Penjaga Pantai Taiwan bergerak menuju pangkalan Angkatan Laut Tsoying Naval Base di sisi selatan Taiwan untuk melepas peralatan peluncur rudal serta komputer dan perlengkapan lain yang digunakan untuk proses peluncuran dan system kendali rudal anti kapal tersebut. Setelah melepas sistem peluncur rudal dan sistem kendali rudal tersebut, kapal Anping kemudian bergerak menuju dok yang berada di Hualien, di wilayah Timur Taiwan, yang merupakan dok milik Jong Shyn Shipbuilding Company (JSSC), yang saat ini juga tengah memproduksi kapal penjaga pantai kelas Anping yang lainnya, untuk Badan Penjaga Pantai Taiwan (CGA).

BACA JUGA :  Kisah Kapal Induk Rusia Admiral Kuznetsov

Latihan ini dimaksudkan untuk menguji dan menerapkan doktrin penggunaan kapal penjaga pantai sebagai kapal perang jika terjadi keadaan darurat perang di Taiwan. Sejauh ini masih dilakukan pengecekan lebih lanjut terhadap kapal CG Anping 601 terkait dampak yang ditimbulkan oleh peluncuran rudal anti kapal Hsiung Feng II yang sudah dilakukan beberapa hari sebelumnya. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh peluncuran tersebut memberi beban atau dampak terhadap struktur badan kapal. Meski demikian, telah diketahui Bersama bahwa kapal – kapal patrol penjaga pantai kelas Anping sebenarnya adalah varian derivatif dari kapal perang jenis korvet kelas Tuo Chiang (Ta Chiang dalam beberapa penyebutan) milik Angkatan Laut Taiwan, yang juga dapat dipersenjatai dengan rudal anti kapal Hsiung Feng II atau Hsiung Feng III.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

ukarno bersama Nikita Khrushchev. LIFE/John Dominis

Penyelesaian Hutang Pembelian Alutsista Era 60-an Indonesia Kepada Uni Soviet

0
Penyelesaian Hutang Pembelian Alutsista Indonesia Kepada Uni Soviet - HobbyMiliter.com - Di akhir era tahun 50-an dan awal 60-an Indonesia melakukan pembelian sejumlah besar alutsista...

Recent Comments