Friday, June 24, 2022
HomeMiliterAlutsistaBell 505 Helikopter Latih Baru TNI AL

Bell 505 Helikopter Latih Baru TNI AL

Hobbymiliter.com – Bell 505 Helikopter Latih Baru TNI AL. Ada beberapa hal yang menarik perhatian penulis dari acara Navy Air Base Open Day (NABOD 2022) yang baru digelar kembali pada hari Minggu lalu, 12 Juni 2022, setelah dua tahun vakum akibat adanya pandemi virus Covid-19. Penulis yang berkesempatan mengunjungi kegiatan ini tidak hanya untuk menyaksikan atraksi dan penampilan yang menarik yang disuguhkan oleh unsur-unsur pasukan TNI AL dan pesawat udara milik Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal), tetapi juga ingin melihat lebih dekat alutsista apa saja yang akan dipamerkan dalam pameran statis atau static display yang juga dilaksanakan sebagai bagian dari acara Navy Air Base Open Day (NABOD 2022) tersebut.

Ada beberapa alutsista yang tergolong baru dan dimiliki serta dioperasikan oleh Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) yang sebenarnya penulis nantikan penampilannya dalam static display acara Navy Air Base Open Day (NABOD 2022) kali ini. Pertama, unit pesawat tanpa awak Scan Eagle yang baru-baru ini diperoleh dari Amerika Serikat, serta helikopter latih Bell 505 yang merupakan helikopter latih terbaru milik TNI Angkatan Laut. Untuk alutsista yang disebut pertama tadi, yakni Scan Eagle, tidak penulis dapati penampilannya di kegiatan static display. Sementara itu, untuk helikopter latih Bell 505 rupanya ditampilkan dalam kegiatan static display acara NABOD 2022 kali ini. Dalam pantauan penulis HobbyMiliter, sebanyak 3 unit helikopter latih baru untuk TNI AL tersebut ada di Lanudal Juanda. Satu unit di tampilkan dalam static display sementara dua unit lainnya diparkir di shelter helikopter milik Puspenerbal di Lanudal Juanda.

BACA JUGA :  Kurdistan Irak Serukan Referendum Pembentukan Negara Sendiri

Bell 505 merupakan produk helikopter latih buatan perusahaan produsen helikopter asal AS-Kanada, Bell Textron Inc. Sebanyak 4 unit helikopter latih ini telah memperkuat jajaran Skuadron Udara 200 Wing Udara 2 Puspenerbal. Pengadaan helikopter latih ini dilakukan pada tahun 2021 dengan melalui PT Atamora Tehnik Makmur. Dua unit helikopter pertama diserahkan secara simbolis kepada TNI AL pada upacara serah terima helikopter latih Bell 505 yang dilakukan di Apron Museum Penerbangan Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur pada tanggal 8 Desember 2021. Helikopter ini akan digunakan untuk melatih para penerbang handal Puspenerbal dalam mengoperasikan helikopter yang memiliki sistem avionik canggih dengan kemampuan full glass cockpit dimana seluruh instrumen kendali penerbangan tidak lagi menggunakan tombol atau switch analog tetapi sudah menggunakan layar yang terintegrasi dengan sistem kendali mesin berbasis digital.

BACA JUGA :  Prancis dan AS Desak Turki Hentikan Serangan Ke Wilayah Kurdistan Suriah

Sejarah Singkat Bell 505

Bell 505 merupakan helikopter latih buatan Bell Textron Inc. yang sebelumnya diberi nama program Bell SLS (Short Light Single). Mulai ditampilkan untuk pertama kalinya dalam ajang Paris Air Show pada tahun 2013, prototype pertama dari helikopter ini melakukan penerbangan perdana pada tanggal 11 November 2014. Nama designasi Bell 505 disematkan pada helikopter ini pada tanggal 25 Februari 2014. Nama lain dari helikopter ini adalah Jet Ranger X.

Berdasarkan rilis resmi perusahaan Bell Textron, sebanyak 300 unit helikopter Bell 505 Jet Ranger X telah diproduksi dan digunakan oleh sebanyak 55 negara di 6 benua di dunia. Bell juga menyebut bahwa secara global, produk Jet Ranger X produksi mereka telah berhasil beroperasi lebih dari 50.000 jam terbang diseluruh dunia.

BACA JUGA :  Obama Tawari Israel Paket Bantuan Militer Senilai 500 Triliun, Netanyahu Minta Lebih

Spesifikasi Singkat Bell 505

Berikut spesifikasi singkat helikopter latih Bell 505 Jet Ranger X milik Puspenerbal :

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Isi Teks Sapta Marga TNI

Isi Teks Sapta Marga TNI

0
Sapta Marga Kami Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bersendikan Pancasila. Kami Patriot Indonesia, pendukung serta pembela Ideologi Negara yang bertanggung jawab dan tidak...

Recent Comments