Friday, May 27, 2022
HomeAlutsistaKapal PerangEkranoplan KM, Si Monster Laut Kaspia

Ekranoplan KM, Si Monster Laut Kaspia

Ekranoplan KM, Si Monster Laut Kaspia – HobbyMiliter.com – Apa kabar pembaca yang budiman? Jumpa lagi bersama HobbyMiliter. Kami harap para pembaca yang budiman sehat selalu dan tetap semangat dalam kondisi pandemi COVID-19 ini yang masih belum berlalu. Kali ini, HobbyMiliter akan menghadirkan kepada anda semua, para pembaca yang budiman, kisah tentang Ekranoplan KM, Si Monster Laut Kaspia.

Sejarah Singkat Ekranoplan

Ekranoplan KM merupakan sebuah proyek pengembangan kendaraan Ground Effect Vehicle atau biasa disingkat GEV. GEV merupakan jenis kendaraan yang unik, memiliki bentuk dan karakteristik fisik yang mirip dengan pesawat terbang, namun GEV tidak diklasifikasikan kedalam jenis pesawat terbang. Meski demikian, kendaraan GEV mampu terbang pada ketinggian 4 hingga 5 meter dari permukaan lintasannya. Alutsista dikabarkan mampu terbang hingga 20 meter diatas permukaan lintasannya. Istilah Ekranoplan berasal dari bahasa Rusia yang terdiri dari dua kata, Ekran yang berarti Screen dalam bahasa Inggris, dan Plan yang berarti Plan dalam bahasa Inggris.

BACA JUGA :  Helikopter Tempur Apache Angkatan Bersenjata Yunani Jatuh Saat Latihan

Ekranoplan KM sendiri merupakan produk dari program riset Uni Soviet yang mencoba memanfaatkan potensi dari kendaraan GEV untuk tujuan taktis dan strategis militernya. Banyak literatur paska Perang Dingin menyebut bahwa program riset ini mulai dilaksanakan Uni Soviet pada era 1960an. Namun, sebuah jurnal intelijen rilisan Central Inteligence Agency atau CIA justru menyebut bahwa program riset atas kendaraan GEV ini sebenarnya sudah dimulai dari era 1950 an. Dari kajian – kajian teknis dan serangkaian proposal, barulah pada tahun 1960an riset atas kendaraan GEV secara khusus untuk kebutuhan taktis dan strategis militer Uni Soviet mulai menampakkan wujud purwarupanya.

Ekranoplan KM, Si Monster Laut Kaspia
Hasil Foto Satelit Mata-Mata KH-8 Pada Bulan Maret 1968.
Sumber : Wikipedia

Pada tahun 1963, mulai dilakukan pekerjaan untuk membangun Ekranoplan KM. Purwarupa pertama dari KM diluncurkan pada bulan Maret tahun 1966. Purwarupa yang dibuat di galangan Volga (Krasnoye Sormovo) yang berada di dekat kota Gor’kiy (Kini berubah nama menjadi Nizhny Novgorod) kemudian segera dipindahkan ke lokasi pengujian yakni Danau Laut Kaspia.

BACA JUGA :  Perusahaan Anti Drone Inggris Luncurkan Konsep Drone-Jamming Terbarunya

Proses pemindahannya pun dilakukan secara hati-hati dan sembunyi-sembunyi, kargo purwarupa Ekranoplan KM ditutupi dengan tabir penutup yang diberi kamuflase, dan pergerakan untuk memindahkan Ekranoplan  hanya dilakukan pada malam hari. Penerbangan perdana Ekranoplan KM dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 1966.

Satelit mata-mata milik AS mulai mendeteksi keberadaan purwarupa Ekranoplan KM pada medio tahun 1968 dimana hasil foto satelit mata-mata AS menunjukkan sebuah kendaraan yang mirip bentuknya dengan sebuah pesawat pembom sedang berada di area sekitar Danau Laut Kaspia. Penandaan “KM” kemudian tanda bendera Angkatan Laut Uni Soviet menjadi satu-satunya informasi yang berhasil dideteksi oleh AS kala itu.

Ekranoplan KM tidak banyak digunakan sebagai sarana penunjang kegiatan militer Uni Soviet. Alutsista ini justru lebih banyak menghabiskan masa dinas efektifnya dengan serangkaian kegiatan pengujian. Berdinas selama 15 tahun, akhir kiprah Ekranoplan KM sayangnya harus diakhiri dengan insiden kecelakaan yang terjadi pada tahun 1980.

BACA JUGA :  Rusia Ujicobakan Sistem Tabir Asap Revolusioner Pada Tank Armata
Ekranoplan KM, Monster Laut Kaspia
Terlihat Menggunakan Nomor Penanda Baru 07, Unit Ekranoplan KM Uni Soviet Sedang Dalam Penerbangan. Uni Soviet Sering Menggunakan Taktik Penggantian Nomor Penanda Pada Alutsista Mereka Yang Tergolong Rahasia Untuk Membingungkan Agen Mata-Mata Blok Barat Saat Itu.
Sumber : Sergey Komissarov

Asal Muasal Nama Caspian Monster

Mungkin banyak dari kita yang mengenal Ekranoplan sebagai The Caspian Sea Monster atau Monster Laut Kaspia. Nah tahukah anda darimana asal muasal nama tersebut? Ada dua versi cerita dibalik penamaan Ekranoplan sebagai The Caspian Sea Monster. Versi pertama adalah penamaan yang tertulis pada artikel di situs Wikipedia yang menyebut bahwa penamaan KM sebagai Caspian Monster merujuk pada penandaan awal yang tertulis pada badan kendaraan GEV tersebut yakni tulisan “KM” yang belakangan diketahui bahwa KM dalam penandaan tersebut merupakan kependekan dari “Korabl’ Maket” atau “Prototype Ship”.

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Marder Medium Tank RI dipamerkan pada Indo Defence 2016

Indo Defence 2016 : Rheinmetall Tampilkan Marder Medium Tank RI

0
HobbyMiliter.com - Pada acara pameran industri pertahanan Indo Defence 2016, perusahaan asal Jerman, Rheinmetall Landsysteme menampilkan kendaraan tempur berjenis medium tank atau tank tempur ukuran...
2 buah KRI Kelas Ahmad Yani

KRI Kelas Van Speijk

Recent Comments