India Luncurkan Satelit GSAT7A Untuk Digunakan Oleh AU India

0
553
India Luncurkan Satelit GSAT7A Untuk Digunakan Oleh AU India
India Luncurkan Satelit GSAT7A Untuk Digunakan Oleh AU India. Foto Proses Peluncuran Satelit Komunikasi GSAT7A Yang Nantinya Akan Digunakan AU India. Sumber : ISRO

HobbyMiliter.com – India Luncurkan Satelit GSAT7A Untuk Digunakan Oleh AU India. Pada hari Rabu, 19 Desember 2018 yang lalu, India dikabarkan telah meluncurkan sebuah satelit komunikasi yang rencananya akan digunakan untuk saluran komunikasi untuk meningkatkan kemampuan tempur dalam teknologi sistem Network Centric yang dimiliki dan digunakan oleh Angkatan Udara India atau Indian Air Force (IAF). Satelit komunikasi ini diluncurkan dari fasilitas peluncuran roket Satish Dhawan Space Centre yang berada di wilayah Sriharikota. Peluncuran satelit komunikasi ini sekaligus menunjukkan kesiapan India untuk masuk dalam era dimana aset kekuatan militer yang dimiliki oleh negara tersebut dapat saling terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan atau yang biasa disebut Network Centric Warfare.

Satelit komunikasi GSAT7A merupakan satelit komunikasi yang dikembangkan oleh Indian Space Research Organisation atau biasa disingkat ISRO. ISRO merupakan lembaga khusus yang dibuat oleh pemerintah India untuk melaksanakan penelitian dan pengembangan terkait perangkat teknologi luar angkasa, mulai dari roket pembawa satelit, satelit, hingga perangkat orbiter yang dapat mengangkut manusia. Satelit ini diluncurkan dari fasilitas peluncuran roket Satish Dhawan Space Centre yang berada di wilayah Sriharikota dengan menggunakan Geosynchronous Satellite Launch Vehicle-F11 (GSLV-11). Satelit komunikasi buatan dalam negeri India tersebut diperlengkapi dengan perangkat transponder yang beroperasi pada frekuensi Ku-Band.

BACA JUGA :  Boeing CH-47F, Varian Tercanggih dari Chinook

Satelit komunikasi GSAT7A yang diluncurkan pada tanggal 19 Desember 2018 tersebut nantinya akan diuji terlebih dahulu untuk memastikan kesiapan operasionalnya. Lama waktu pengujian diperkirakan sekitar empat minggu, dengan masa pakai satelit hingga kurang lebih delapan tahun kedepan. Nantinya, satelit komunikasi inilah yang akan menjadi jembatan penghubung bagi aset – aset Angkatan Udara India yakni pesawat jet tempur, pesawat patroli, kendali pertempuran udara dan peringatan dini (AEW&C, red), unit pesawat tanpa awak atau UAV, satuan – satuan radar yang berada di daratan, serta beberapa pangkalan udara yang vital bagi AU India. Selain digunakan oleh AU India, kabarnya, satelit komunikasi ini juga untuk sementara waktu akan dimanfaatkan sekitar 30% kemampuan komunikasi data serta jaringannya oleh pihak Angkatan Darat India atau Indian Army. Penggunaan satelit tersebut dikabarkan hany sementara waktu sembari menunggu satelit komunikasi khusus milik Angkatan Darat India (yang juga akan menggunakan seri GSAT), diluncurkan pada waktu yang akan datang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here