Monday, July 15, 2024
HomeBlog MiliterSejarahCara Jepang Menarik Simpati Rakyat Indonesia Selama Masa Penjajahan Jepang

Cara Jepang Menarik Simpati Rakyat Indonesia Selama Masa Penjajahan Jepang

Pada saat itu Jepang juga mengklaim bahwa dirinya adalah saudara tua yang datang ke Indonesia dan ingin membantu melepaskan Indonesia dari penjajahan Belanda. Untuk melancarkan misinya, Jepang membebaskan tokoh Indonesia yang diasingkan oleh Belanda seperti Sitan Syahrir, Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta.

Pada saat itu, semua partai politik dibubarkan oleh Jepang, dan kegiatan politik pergerakan nasional Indonesia kemudian dikenalikan oleh jepang untuk membantu Jepang menghadapi perang terhadap Belanda.

Jepang sangat giat melancarkan propaganda yang mengklaim bahwa Jepang mengobarkan perang Asia Timur Raya untuk membebaskan seluruh Asia dari penjajahan negara-negara Barat. Selain itu mereka juga mengklaim bahwa akan mempersatukan Asia ke dalam kemakmuran bersama di bawah kepemimpinan Jepang.

BACA JUGA :  Pudarnya AK-2000P, Senapan Serbu "Kalashnikov" Versi Cina

Salah satu upaya agar rakyat dan pemimpin nasional Indonesia mau mendukung Jepang, Jepang mencari simpati dengan mendirikan beberapa perkumpulan dan organisasi. Salah satu oraganisasi yang didirikan Jepang adalah Gerakan Tiga A.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

harbin 1

Harbin BZK-005: Pengintai Andalan Cina di Laut Cina Selatan

0
HobbyMiliter.com – Harbin BZK-005: Pengintai Andalan Cina di Laut Cina Selatan. Berbagai macam upaya dijalankan oleh Pemerintah Cina untuk menunjukkan kehebatan militernya di wilayah...

Recent Comments