Friday, June 21, 2024
HomeBlog MiliterReferensiSistem Pemerintahan Indonesia Sejak 1945 Hingga Saat Ini

Sistem Pemerintahan Indonesia Sejak 1945 Hingga Saat Ini

Sistem pemerintahan Indonesia di periode sebelumnya dirasakan kurang cocok dengan identitas bangsa dan negara hingga tahun 1959 setelah Dekrit Presiden, sistem pemerintahan Indonesia kembali presidensial dengan Undang-undang Dasar 1945 sebagai konstitusi negara.

Sistem Pemerintahan Indonesia Periode 1966 hingga 1998

Periode ini lebih dikenal dengan sebutan Orde Baru dimana sistem pemerintahannya adalah presidensial dengan bentuk pemerintahan republik dan bentuk negara kesatuan serta konstitusi negara adalah Undang-undang Dasar 1945.

Walau Orde Baru juga menerapkan sistem pemerintahan presidensial, namun penerapan sistem pemerintahan tersebut pada zaman Soekarno dan Soeharto ada beberapa perbedaan, terutama di dalam kekuasaan yang dimiliki Presiden dan juga Majelis Permusyawaratan Rakyat atau MPR.

BACA JUGA :  Biografi Bung Tomo, Orator Pertempuran 10 November 1945

Di periode ini walau presiden punya kekuasaan yang sangat luas, namun pemegang kekuasaan tertinggi adalah MPR. Karena itulah setelah Soeharto lengser dari jabatannya dan digantikan Gus Dur, rakyat mendesak dilakukannya Amandemen Undang-undang Dasar 1945 agar tidak terjadi penyalahgunaan.

Sistem Pemerintahan Indonesia Setelah Amandemen Undang-undang Dasar 1945

Walau sistem pemerintahan Indonesia setelah Amandemen UUD 1945 tetap presidensial namun berbeda dari periode sebelumnya dimana MPR memegang kekuasaan tertinggi, setelah Amandemen 1945 kekuasaan tertinggi negara kembali dipegang rakyat dengan pengambil keputusan tertinggi adalah Presiden dengan memperhatikan pertimbangan dari MPR dan DPR.

Sementara bentuk negara masih negara kesatuan dengan bentuk pemerintahan tetap sama, republik dan sistem pemerintahan presidensial. Dengan begitu Presiden menjabat sebagai kepala negara sekaligus sebagai kepala pemerintahan atau memegang kekuasaan eksekutif yang dipilih secara langsung oleh rakyat lewat Pemilu..

BACA JUGA :  Cara Jepang Menarik Simpati Rakyat Indonesia Selama Masa Penjajahan Jepang

Presiden dalam menjalankan peran dan tugasnya sebagai eksekutif dibantu para menteri di kabinet yang dipilih secara langsung oleh Presiden. Sementara kekuasaan legislatif di tangan MPR, DPR, dan DPD dengan kekuasaan mencakup pembuatan berbagai kebijakan. Dan kekuasaan yudikatif dipegang serta dijalankan oleh Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi dan Komisi Yudisial.

Selain itu demi mengurangi berbagai kelemahan yang ada di sistem pemerintahan presidensial, ada beberapa perbaikan yang dilakukan, antara lain:

  1. Kebijakan yang diambil Presiden mesti mendapatkan persetujuan dari DPR.
  2. Sebaliknya Rancangan Undang-undang yang dibuat oleh DPR mesti berdasarkan persetujuan dari Presiden.
  3. Meski tidak secara langsung, namun DPR mengawasi kinerja Presiden dalam menjalankan pemerintahan dan apabila dirasa tidak kompeten maka DPR bisa memberikan usulan pada MPR untuk memberhentikan Presiden.
BACA JUGA :  Rusia Terima Sistem Peluncur Roket Tornado-S Termutakhir

Salah satu hal yang konsisten dan tidak pernah mengalami perubahan maupun pergantian sejak proklamasi kemerdekaan di tahun 1945 adalah bentuk pemerintahan Indonesia yang berbentuk Republik. Mandat kekuasaan bentuk pemerintahan republik adalah berasal dari rakyat, dimana rakyat memilih secara langsung wakil-wakilnya untuk membuat berbagai kebijakan serta memilih juga Presiden untuk menjalankan pemerintahan lewat Pemilu.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

EA-18G Growler, Pesawat Tempur Australia Spesialis Peperangan Elektronik

EA-18G Growler, Pesawat Tempur Australia Spesialis Peperangan Elektronik

0
EA-18G Growler, Pesawat Tempur Australia Spesialis Peperangan Elektronik - HobbyMiliter.com. Sudah sejak lama, peperangan elektronik dilakukan oleh manusia. Mulai dari penerjunan pelat pelat logam...

Recent Comments