Thursday, October 6, 2022
HomeBlog MiliterReferensiPengertian dan Makna Wawasan Kebangsaan

Pengertian dan Makna Wawasan Kebangsaan

Tonggak awal munculnya semboyan Bhinneka Tunggal Ika itu sendiri adalah sejak Kebangkitan Nasional di tahun 1908 yang dipelopori organisasi Budi Utomo yang diikuti dengan peristiwa Sumpah Pemuda dimana kaum pemuda berusaha mempertahankan kemajemukan dan keanekaragaman suku bangsa, kebudayaan, adat istiadat, bahasa daerah serta agama dan kepercayaan pada Tuhan Yang Maha Esa agar tetap ada dan dihargai serta dihormati.

Selain itu wawasan kebangsaan Indonesia juga tidak mengenal adanya warga negara mayoritas dan minoritas maupun warga kelas satu dan kelas dua, terbukti dengan penggunaan bahasa melayu sebagai bahasa nasional bukan bahasa Jawa atau bahasa daerah lainnya.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

32-india-usir-wartawan-media-pemerintah-tiongkok-xinhua

India Usir Wartawan Media Pemerintah Tiongkok, Beijing Geram

2
Hobbymiliter.com - India resmi menolak perpanjangan visa kelompok wartawan dari kantor berita pemerintah Tiongkok, Xinhua. Demikian disampaikan sumber dari pemerintah India yang menyebut wartawan...

Recent Comments