Saturday, February 24, 2024
HomeAlutsistaTankTank T-72: Simbol Kekuatan Militer Soviet

Tank T-72: Simbol Kekuatan Militer Soviet

Tank T-72: Simbol Kekuatan Militer Soviet – HobbyMiliter.com – T-72 adalah keluarga MBT/Main Battle Tank yang dirancang oleh Uni Soviet dan mulai diproduksi pada tahun 1971, di pertengahan perang dingin. Tank ini merupakan tank tempur utama yang paling banyak diproduksi dalam sejarah manusia. Saat ini sepertinya sudah lebih dari 25.000 unit tank jenis ini yang dibuat, baik oleh Soviet, Rusia, maupun beberapa negara lain yang mempunyai lisensi produksinya.

Tank T-72 sendiri sebenarnya adalah pengembangan dari MBT utama Soviet T-64, dan dirancang untuk menjadi senjata yang lebih murah dari T-64 dan bisa diproduksi secara massal, untuk dijual ke negara negara satelit dan client state Uni Soviet. Desain T-72 ini sangat sukses secara komersial dan digunakan secara luas di Uni Soviet dan di seluruh dunia.

BACA JUGA :  Kontrak Pembelian Jet Tempur Sukhoi SU35 Flanker E Resmi Ditandatangani

Tank T-72 mulai dikembangkan pada akhir tahun 1960-an oleh pabrik tank Uralvagonzavod di Nizhny Tagil, Uni Soviet. Tank ini dirancang sebagai pilihan alternatif yang lebih murah dan bisa diproduksi secara massal dibandingkan dengan T-64, yang merupakan tank yang lebih canggih namun juga lebih mahal. T-72 mulai diproduksi pada tahun 1971 dan segera menjadi tank standar Tentara Soviet.

Tank T-72: Simbol Kekuatan Militer Soviet

T-72 merupakan peningkatan signifikan dari pendahulunya, tank seri T-54/55 yang juga diekspor secara luas ke negara negara satelitnya. Dibandingkan dengan T-54/55, tank ini memiliki mesin yang lebih kuat, suspensi yang lebih baik, dan perlindungan armor yang lebih baik. Sebagai senjata utama, T-72 juga dilengkapi dengan meriam smoothbore 125mm yang baru, yang merupakan salah satu meriam tank terkuat di dunia pada saat itu. Ingat, jaman itu tank NATO masih menggunakan kaliber 105mm.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Bell UH-1 Huey, Legenda Jip Terbang

0
Bell UH-1 Huey, Legenda Jip Terbang - HobbyMiliter.com - Awalnya, keandalan penggunaan helikopter angkut militer Bell UH-1 Huey di lapangan pertempuran sempat diremehkan. Keadaan...

Recent Comments