Friday, February 23, 2024
HomeBlog MiliterReferensiSejarah Syekh Jumadil Kubro Bapak Para Wali Songo di Nusantara

Sejarah Syekh Jumadil Kubro Bapak Para Wali Songo di Nusantara

Sejarah Syekh Jumadil Kubro Bapak Para Wali Songo di Nusantara – HobbyMiliter.com – Apakah kamu sedang penasaran bagaimana sejarah Syekh Jumadil Kubro? Maka kamu sudah tepat berada disini karena kami akan menjelaskan beberapa informasi ringkat mengenai sejarah Syekh Jumadil Kubro yang diyakini sebagai bapak dari para Wali Songo.

Siapa Syekh Jumadil Kubro?

Syekh Jumadil Kubro atau memiliki nama lain Maulana Husain Jumadil Kubro atau Jamaluddin Akbar al-Husaini berasal dari Samarkand, Uzbekistan. Beliau diyakini sebagai keturunan dari al-Husain ke 10 yang merupakan cucu dari Nabi Muhammad SAW.
Tonton video berikut:

BACA JUGA :  Sejarah Ibu kota Brunei Darussalam, Bandar Seri Begawan

Syekh Jumadil Kubro dikenal oleh masyarakat di Jawa sebagai seorang mubaligh terkenal karena melakukan penyebaran agama Islam di Nusantara. Beliau dilahirkan di tahun 1310 Masehi di Malabar yang masuk ke dalam wilayah Kesultanan Delhi. Ayahnya merupakan seorang Gubernur Amir dari Malabar, yaitu Amir Ahmad Syah Jalaluddin.

Berdasarkan babad dan cerita rakyat Syekh Jumadil Kubro dipercaya merupakan bapak dari para Wali Songo. Karena Sunan Ampel (Raden Rahmat) dan Sunan Giri (Raden Paku) dikabarkan adalah cucunya dan Sunan Bonang dan Sunan Drajad adalah buyutnya. Sedangkan Sunan Kudus adalah cicitnya atau keturunan keempat.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

AMPV at AUSA 2016

BAE Systems Siapkan Kendaraan Tempur AMPV Pertama Untuk Tentara Amerika Serikat

0
HobbyMiliter.com - BAE System telah menyiapkan unit pertama dari 29 unit kendaraan tempur Armored Multi-Purpose Vehicle atau AMPV pesanan Angkatan Darat Amerika Serikat. Prosesi penyerahan...

Recent Comments