Saturday, October 24, 2020
Home Ahli Perang: Rudal Balistik Kapal Selam Korut Siap Beroperasi 2018

Ahli Perang: Rudal Balistik Kapal Selam Korut Siap Beroperasi 2018

Hobbymiliter.com – Korea Utara semakin terlihat maju dalam urusan mengembangkan sistem rudal balistik kapal selam. Namun pengoperasiannya masih akan menunggu beberapa tahun mendatang. Setidaknya itulah yang dikatakan oleh para ahli perang menyusul sanksi yang diterapkan oleh Dewan Keamanan PBB setelah ujicoba yang dilakukan Pyongyang pekan silam.

Institut AS-Korea di John Hopkins University menyebut dalam situs mereka (38 North) bahwa keberhasilan Korut dalam meluncurkan ujicoba SLBM (Submarine-based Ballistic Missile) mengindikasikan bahwa program mereka berkembang lebih cepat daripada perkiraan sebelumnya.

BACA JUGA :  China Luncurkan Unit Pertama Kapal Perang Type 075 LHD

“Namun, ini bukan berarti roket buatan Korut akan siap siaga pekan depan, bulan depan, atau bahkan tahun depan,” tambahnya.

“Meski begitu, kecepatan dan metode ujicoba SLBM milik Korut dapat mengindikasikan jadwal peluncuran yang lebih cepat, tepatnya di semester kedua 2018, dimana Korut akan dapat melaksanakan kemamuan operasional awal (initial operational capability).

Purwarupa roket balistik Korut sempat diluncurkan lewat unit kapal selam kelas “Gorae,” dekat pelabuhan Sinpo yang terletak di timur laut. Roket tersebut meluncur sejauh 500 kilometer sebelum akhirnya jatuh di perairan Laut Jepang. Banyak ahli menyebut kejadian tersebut mengindikasikan Korut punya ambisi yang jelas dalam mengembangkan program nuklir mereka.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ngeteng, Cara Angkatan Udara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF

Beli Ngeteng, Cara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF - HobbyMiliter.com. Dalam diskusi diskusi di forum forum militer online maupun di grup grup militer di Facebook,...

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia - HobbyMiliter.com - Meski telah jutaan tahun membalut Bumi, belum seluruh bagian atmosfer bisa...

Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an

Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an - HobbyMiliter.com. Perang Soviet di Afghanistan berlangsung selama lebih dari sembilan tahun....

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet - HobbyMiliter.com. Pada saat persiapan operasi Trikora dalam rangka perebutan Irian Barat (sekarang Provinsi...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua