Eurofighter 1

HobbyMiliter.com – Rayuan Eurofighter Typhoon Kepada TNI AU. Dalam acara Indo Defence di tahun 2014 yang lalu, pihak Eurofighter Typhoon ikut berpartisipasi sambil unjuk kebolehan simulator Typhoon kepada para pengunjung. Lalu di bulan April 2015 lalu, Eurofighter datang kembali ke Indonesia dengan menawarkan mock-up Typhoon pada PT Dirgantara Indonesia. Dalam seminar yang diadakan di Jakarta sehari sebelumnya, diperkenalkan teknologi serta kelebihan dari pesawat tempur multiperan Typhoon.

Pihak Eurofighter memaparkan secara jelas tentang kemampuan jet tempur buatannya itu pada beberapa wartawan serta beberapa perwakilan komunitas di bidang penerbangan. Saat itu Eurofighter juga memaparkan konsep penawaran transfer teknologi pada Indonesia serta membantu PT Dirgantara Indonesia dalam produksi pesawat tempur.

Kita secara optimis lebih memilih  Su-35 sebagai pengganti F-5 TNI AU yang telah pensiun, tim Eurofighter sedikit kecewa setelah mengetahui hal itu. Promosi mereka yang awalnya gencar menjadi sedikit melemah, bahkan sepertinya Eurofighter akan mengundurkan diri dari kompetisi Alautsista di Indonesia itu. Kalau kita perhatikan, Eurofighter sebenarnya memiliki peluang besar di Indonesia karena terdapat keterlibatan Airbus Defence and Space, yang telah menjalin hubungan kuat dengan PT Dirgantara Indonesia.

Dalam acara Trade Media Briefing 2016, Alberto Gutierrez, HO Combat Aircraft & Air Services, Airbus Defence and Space, menyampaikan bahwa sampai saat ini sebanyak 478 unit Typhoon telah dikirimkan pada enam negara pengguna. Yaitu Jerman sebanyak 123 unit (dari 142 pesanan), Inggris sebanyak 136 unit (dari 160 pesanan), Italia sebanyak 82 unit (dari 96 pesanan), Spanyol sebanyak 61 unit (dari 73 pesanan), Austria sebanyak 15 unit, dan Arab Saudi sebanyak 61 unit (dari 72 pesanan). Dan ditambah dua Negara akan menerima pengiriman Typhoon dalam waktu dekat, yaitu Oman sebanyak 12 unit dan Kuwait sebanyak 28 unit. Sehingga Eurofighter telah menerima kontrak pembelian sebanyak 518 unit dari 599 unit pesanan.

Baca juga :   Nasib AIM-9X Sidewinder Block II Di Indonesia

Dalam setahun ini, ada 47 unit Typhoon telah dikirimkan oleh Eurofighter kepada lima Negara pemesannya. Sehingga totalnya Typhoon sampai saat ini digunakan oleh 21 kesatuan dan telah mencatat 340.000 jam terbang, dan juga menjadi jet tempur utama dari enam negara di Eropa.

Kontrak pemesanan Typhoon dari Kuwait sejumlah 22 varian kursi tunggal dan 6 varian kursi ganda, telah disahkan sejak 11 September 2015 yang lalu. Jenis Typhoon yang akan dikirimkan berasal dari Tranche 3 yang dilengkapi dengan E-scan radar. Kuwait merupakan negara ketiga yang memesan Typhoon di wilayah Teluk, setelah Kesultanan Oman dan Kerajaan Arab Saudi.

Baca juga :   Peran UH-60M Black Hawk Dalam Kavaleri Udara TNI AD

Sebagai produsen pesawat tempur, Eurofighter terus mengembangkan kehebatan maupun upgrade berbagai macam sistemnya supaya jet tempur Typhoon selalu lebih terdepan dibandingkan dengan para kompetitornya. Misalnya Program P1E di tahun 2014 yang lalu, Typhoon mulai menggunakan radar aktif AESA. Lalu selanjutnya pada Program P3E di tahun 2015, yaitu pemasangan rudal udara ke darat MBDA Brimestone 2, dan di tahun 2016 sudah sukses menguji rudal udara ke darat jarak jauh MBDA Storm Shadow/ SCALP EG dan rudal udara ke udara jarak jauh MBDA Meteor.

Pengembangan teknologi dan kerja sama dengan para pelanggannya menjadi hal yang vital bagi Eurofighter untuk memasarkan Typhoon. Maka tak heran jika mereka mulai memdekati Negara-negara besar di Asia Tenggar seperti Indonesia. “Indonesia merupakan negara yang besar. Airbus Defence and Space memiliki hubungan dan kerja sama yang kuat dengan PT Dirgantara Indonesia. Kita bisa melakukan banyak hal secara bersama,” Kata Guiterrez kepada sekitar 80-an jurnalis yang berasal dari beragam negara.

Disamping Typhoon masih merayu TNI AU, di sisi lain Typhoon juga sedang menawarkannya pada Malaysia. Malaysia sekarang sedang mempertimbangkan untuk pemesanan Typhoon atau Rafale untuk memperkuat TUDM (AU Malaysia).

ARTIKEL MENARIK LAINNYA UNTUK ANDA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here