Tiga Kapal Perang Milik AL Singapura Kunjungi Surabaya. RSS Justice, Kapal Terbaru Yang Dimiliki AL Singapura Dari Jenis Littoral Mission Vessel, Saat Sandar Di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.Sumber : istimewa

HobbyMiliter.com – Tiga Kapal Perang Milik AL Singapura Kunjungi Surabaya. Rombongan kapal perang dari Republic of Singapore Navy (RSN) atau Angkatan Laut Singapura pada hari ini, Selasa, 16 Juli 2019 telah tiba di Surabaya. Rombongan kapal perang tersebut terdiri dari tiga unit kapal perang dari jenis yang berbeda. Ketiga kapal perang tersebut yakni RSS Justice dengan nomor lambung 18, RSS Steadfast dengan nomor lambung 70, dan RSS Vigour dengan nomor lambung 92. Dikabarkan kedatangan tiga kapal perang milik AL Singapura tersebut dalam rangka mengikuti latihan bersama Eagle Indopura 2019, yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 16 hingga 20 Juli 2019. Momen kedatangan kapal perang milik AL Singapura ini juga menjadi momen khusus dimana untuk pertama kalinya kapal perang terbaru milik AL Singapura yakni RSS Justice-18 yang merupakan kapal jenis Littoral Mission Vessel berkunjung ke kota Pahlawan tersebut.

Kedatangan ketiga kapal perang milik AL Singapura tersebut disambut oleh pihak TNI Angkatan Laut dengan sebuah acara penyambutan yang diadakan di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, siang tadi, Selasa, 16 Juli 2019. Hadir dalam acara penyambutan tersebut Komandan KRI Sultan Iskandar Muda-367, Komandan KRI Nala-363, Komandan KRI Nuku-373, jajaran Pamen/Pama Sops Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya, 1 Satuan Setingkat Pleton (SST) Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan), serta personel – personel terkait termasuk juga diantaranya 1 Satuan Setingkat Pleton Korps Musik TNI AL.

Baca juga :   Mengenal Accuracy International Arctic Warfare L96A1, Senapan TNI Yang Bertahan di Suhu Rendah
Tiga Kapal Perang Milik AL Singapura Kunjungi Surabaya
Tiga Kapal Perang Milik AL Singapura Kunjungi Surabaya. Bagian Buritan Kapal Korvet RSS Vigour-92 Dan Kapal LMV RSS Justice-18. Tampak Ukuran Kapal LMV RSS Justice-18 Lebih Besar Daripada Kapal Korvet RSS Vigour-92.
Sumber : istimewa

RSS Justice yang memiliki nomor lambung 18 merupakan satu dari delapan unit kapal perang jenis Littoral Mission Vessel kelas Independence yang dimiliki oleh AL Singapura. Kapal ini merupakan jenis kapal patroli yang dirancang untuk menggantikan kapal patroli dari kelas Fearless milik AL Singapura. Kapal ini dipersenjatai dengan satu unit meriam Super Rapid Gun kaliber 76 milimeter buatan Oto Melara, dua unit RCWS (Remote Controlled Weapon System / Sistem senjata kendali remote) Hitrole kaliber 12,7 milimeter, satu unit kanon kaliber 25 milimeter Typhoon Weapon Station, serta 12 rudal anti serangan udara VL MICA.

Tiga Kapal Perang Milik AL Singapura Kunjungi Surabaya
Tiga Kapal Perang Milik AL Singapura Kunjungi Surabaya. Tampak Samping Kapal Frigate Kelas Formidable RSS Steadfast-70.
Sumber : istimewa

RSS Steadfast yang memiliki nomor lambung 70 merupakan satu dari enam unit kapal perang jenis Frigate kelas Formidable yang dirancang sebagai kapal kombatan utama atas air di tubuh Angkatan Laut Singapura. Memiliki tampilan yang futuristik, dengan garis badan kapal yang minim lekukan untuk meminimalisir pantulan radar, menjadikan kapal perang di kelas Formidable sebagai salah satu kapal perang dengan teknologi “Stealth” atau siluman. RSS Steadfast dipersenjatai dengan satu unit meriam Super Rapid Gun buatan Oto Melara kaliber 76 milimeter yang ditempatkan pada kubah siluman atau stealth cupola, empat unit senapan mesin berat kaliber 12,7 milimeter, dua unit kanon kaliber 25 milimeter Typhoon Weapon Station, enam tabung peluncur torpedo A244/S Mod 3, serta total 32 unit tabung peluncur rudal anti serangan udara Sylver VLS yang dapat menampung sebanyak 32 rudal anti serangan udara MBDA Aster dengan konfigurasi 16 unit rudal Aster 15 pada VLS Sylver A43, dan 16 unit rudal Aster 30 pada VLS Sylver A50. Untuk menghadang kekuatan kombatan atas air milik lawan, RSS Steadfast juga dilengkapi dengan 8 unit rudal RGM-84C Harpoon (ssstt, kapal – kapal di kelas Formidable ini sebenarnya dapat dipersenjatai dengan 24 unit rudal Harpoon lho, namun yang diisi hanya 8 slot saja). Untuk mendukung operasionalnya, kapal RSS Steadfast juga diperlengkapi dengan satu unit helikopter S-70B Seahawk.

Baca juga :   KRI Multatuli 561 Semarakkan Festival Pesona Kebangsaan Di Ende

Kapal terakhir yang turut serta dalam rombongan dari Singapura ini yakni RSS Vigour dengan nomor lambung 92. Kapal ini merupakan kapal perang jenis Korvet dari kelas Victory yang dimiliki oleh AL Singapura. RSS Vigour 92 merupakan salah satu dari 6 kapal yang dimiliki oleh AL Singapura di kelas Victory tersebut. Kapal perang ini meski ukurannya hanya sedikit lebih panjang dari Kapal Cepat Rudal 60 meter yang dioperasikan oleh TNI AL, namun memiliki persenjataan yang cukup menggigit. Di haluan kapal terpasang satu unit meriam utama jenis Super Rapid Gun kaliber 76 milimeter buatan Oto Melara, untuk menghadang sasaran di udara, kapal ini dipersenjatai dengan 16 tabung peluncur rudal anti serangan udara RAFAEL Barak produksi Israel, sedangkan untuk menghadang kapal kombatan atas air lawan, kapal ini dibekali dengan empat unit rudal Harpoon. Setelah menjalani proses upgrade kemampuan pada tahun 2012, tabung peluncur torpedo yang terpasang pada kapal perang ini diganti dengan sistem peluncuran pesawat tanpa awak atau UAV yang mampu meluncurkan satu unit UAV jenis Scan Eagle.

54 COMMENTS

  1. negara kecil tapi alutsistanya bejibun, sampai2 dititipkan ke negara lain. Punya kapal selam juga ( untuk apa ya ?)…..indonesia perlu nempatin rudal Scud di daerah Natuna.yg bisa nyampe ke Singapore, kalau mereka marah2 ya kita jawab ” utk apa kalian punya kapal.selam trus berbagai jet fighter ? yg melebihi kebutuhan negara ” seupil”…..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here