Raytheon Dan Agensi Pertahanan Rudal AS Sukses Lakukan Uji Tembak Rudal SM3 Block IIA

0
534
Raytheon Dan Agensi Pertahanan Rudal AS Sukses Lakukan Uji Tembak Rudal SM3 Block IIA
Raytheon Dan Agensi Pertahanan Rudal AS Sukses Lakukan Uji Tembak Rudal SM3 Block IIA. Sebuah Rudal SM3 Block IIA Diluncurkan Dari Sebuah Fasilitas Pengujian Sistem Hanud Aegis Milik AS. Sumber : US Ballistic Missile Defence Agency

Hobbymiliter.com – Raytheon Dan Agensi Pertahanan Rudal AS Sukses Lakukan Uji Tembak Rudal SM3 Block IIA. Raytheon, perusahaan industri pertahanan strategis asal Amerika Serikat, bersama dengan Agensi Pertahanan Rudal Amerika Serikat, dikabarkan telah sukses melaksanakan uji coba penghadangan atau intersepsi terhadap target rudal balistik dengan menggunakan rudal pencegat munisi balistik Standard Missile atau SM3 Block IIA. Kegiatan uji coba penghadangan munisi rudal balistik tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 11 Desember 2018 kemarin waktu setempat. Rudal pertahanan udara SM3 Block IIA diuji dalam pengujian operational live-fire test dimana rudal tersebut ditugaskan untuk menghadang target munisi rudal balistik jarak menengah atau Intermediate Range Ballistic Missile (IRBM).

BACA JUGA :  Intip Interior Ganilla, Kendaraan Dapur Lapangan Marinir

Pengujian tersebut diawali dengan peluncuran sebuah alat target berupa “rudal” balistik jarak menengah atau IRBM yang diluncurkan dari udara oleh sebuah pesawat angkut kelas berat C17 Globemaster III milik Angkatan Udara Amerika Serikat atau US Air Force (USAF). Rudal tersebut diluncurkan dari arah barat daya pada jarak “ribuan kilometer” dari fasilitas pengujian sistem pertahanan udara Aegis yang berada di daratan Hawaii. Fasilitas pengujian sistem pertahanan udara Aegis tersebut kemudian meluncurkan satu unit rudal SM3 Block IIA untuk menghadang target tersebut.

BACA JUGA :  Pengamat Peringatkan Iran Akan Sering Memprovokasi Angkatan Laut AS

Pengujian kali ini membuat sistem pertahanan udara Aegis yang berbasis di daratan untuk dapat melaksanakan metode penghadangan Engage-on Remote. Metode penghadangan Engage-on Remote tersebut merupakan metode dimana sistem pertahanan udara Aegis yang berbasis di sebuah lokasi tertentu dapat melaksanakan proses pelacakan, penjejakan target, serta pengiriman data target dan pemanduan terhadap aset-aset yang digunakan untuk mencegat target tersebut (SM3 Block IIA) melalui unit radar yang berada pada sebuah lokasi lainnya yang memiliki perbedaan jarak dengan lokasi tempat diluncurkannya rudal pencegat tersebut.

BACA JUGA :  Militer Tiongkok Lanjutkan Produksi Kapal Selam Kelas Yuan Terbarunya

Debgan berhasil dilaksanakannya prosesi uji coba peluncuran senjata pencegat rudal balistik tersebut, telah dicapai tiga poin utama dari penempatan sistem pertahanan anti rudal balistik Aegis dengan rudal pencegat SM3 Block IIA tersebut. Pertama, berhasil dilaksanakannya misi pencegatan melalui peluncuran dari situs peluncuran di darat. Kedua, berhasilnya misi pencegatan terhadap target berupa rudal balistik jarak menengah atau IRBM. Ketiga, sistem Aegis berhasil menggunakan data untuk melancarkan misi pencegatan dari perangkat sensor yang berada di lokasi yang berlainan dengan lokasi situs peluncuran rudal, yang juga disebut dengan metode pencegatan Engage-on Remote.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here