Thursday, December 1, 2022
HomeIran dan Tiongkok Catatkan Kerjasama Bersejarah

Iran dan Tiongkok Catatkan Kerjasama Bersejarah

Hobbymiliter.com – Presiden Iran, Hassan Rouhani pada Sabtu (23/1) kemarin mendukung “babak baru” hubungan bilateral mereka dengan Tiongkok setelah mengadakan pembicaraan dengan Presiden Xi Jingping yang sedang berkunjung ke wilayah Timur Tengah untuk memperkuat pengaruh ekonomi Tiongkok disana.

Raksasa Asia Timur dan raksasa minyak yang menjadi ujung tombak kaum Syiah ini memiliki target untuk membangun hubungan ekonomi senilai $600 miliar dalam 10 tahun ke depan, ujar Rouhani.

Kedua pemimpin menyetujui penandatanganan 17 perjanjian di bidang politik, ekonomi, keamanan, dan kerjasama untuk melangsungkan energi nuklir damai.

BACA JUGA :  Tiongkok dan Filipina Sepakat Berdiskusi Soal Sengketa Laut Cina Selatan

“Dengan kedatangan Presiden Tiongkok ke Teheran dan diadakannya perjanjian kami, babak baru dalam hubungan Teheran-Beijing sudah dimulai,” ujar Rouhani dalam sebuah pidato di televisi dengan ditemani Xi.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

27-filipina-sambut-pangkalan-militer-as-untuk-melawan-ekspansi-tiongkok

Filipina Sambut Pangkalan Militer AS Untuk Melawan Ekspansi Tiongkok

0
Hobbymiliter.com - Mahkamah Agung Filipina pada hari Selasa (12/1) memutuskan bahwa perjanjian keamanan dengan Amerika Serikat adalah bersifat legal, sehingga memungkinkan lebih banyak pasukan AS...

Recent Comments