Tuesday, May 17, 2022
HomeMiliterKisah MiliterKisah Hilangnya A-4 SkyHawk Angkatan Udara Malaysia di Amerika Serikat

Kisah Hilangnya A-4 SkyHawk Angkatan Udara Malaysia di Amerika Serikat

Kisah Hilangnya A-4 SkyHawk Angkatan Udara Malaysia di Amerika – HobbyMiliter.com – Tidak lama setelah Indonesia membeli 30++ A-4E SkyHawk bekas pakai dari Israel, Malaysia juga membeli 88 A-4 SkyHawk bekas pakai Angkatan Laut Amerika di pertengahan era 80-an. Dan sama seperti pembelian A-4 Skyhawk Indonesia yang diliputi oleh misteri, pengadaan A-4 Skyhawk Malaysia juga diliputi misteri. Hanya saja, misterinya termasuk misteri buruk.

Tidak lama setelah TNI Angkatan Udara mendatangkan A-4E Skyhawk batch pertama dari Israel dalam misi rahasia yang bersandi Proyek Alpha, Angkatan Udara Malaysia juga membeli pesawat tempur jenis yang sama namun dari tipe yang berbeda.

Pada tahun 1982, Pemerintah Malaysia melakukan pembelian 25 unit pesawat tempur A-4C dan 26 A-4L Skyhawk dari Pemerintah Amerika. Pesawat tempur Skyhawk yang dibeli Malaysia tersebut adalah pesawat tempur bekas pakai Angkatan Laut Amerika yang sudah pensiun dan disimpan di AMARG, fasilitas penyimpanan pesawat militer yang sudah tidak terpakai yang terletak di gurun, sering disebut sebagai kuburan pesawat. Cukup berbeda dengan A-4E TNI AU yang ketika berpindah tangan statusnya masih aktif digunakan oleh militer Israel.

BACA JUGA :  Turki Bangun Kapal Serbu Amfibi Terbesar

Pesawat pesawat veteran perang Vietnam ini dibeli dalam kondisi as is where is senilai kurang dari 1 juta dollar per pesawatnya. Oleh Angkatan Udara Malaysia, direncanakan dari 88 airframe yang dibeli ini, 54 diantaranya akan dihidupkan kembali menjadi fighter bomber berkursi tunggal dan 14 lainnya akan dimodifikasi menjadi pesawat berkursi ganda untuk keperluan training dan konversi pilot.

Sisa pesawat yang tidak digunakan akan di mutilasi dan dijadikan bahan kanibal untuk sparepart. Mirip praktek yang dilakukan TNI AU dengan F-16 hibah tempo hari, ada airframe yang disisakan tidak direfurbish dan akan digunakan sebagai bahan kanibal sparepart. Hal yang lumrah terjadi.

BACA JUGA :  MiG-29 vs F-16, Mana Pesawat Tempur Yang Lebih Unggul?
A-4 Skyhawk Malaysia
A-4 Skyhawk Malaysia

Namun, setelah dihitung hitung, ternyata ongkos proses refurbish, re-engine, membeli avionik baru dan modifikasi memanjangkan beberapa pesawat menjadi dual seat membuat biaya yang harus dikeluarkan membengkak menjadi empat kali lipat ongkos pembelian airframenya.

Total biaya program pengadaan 88 A-4 Skyhawk bekas pakai untuk Angkatan Udara Malaysia ini meroket menjadi 320 Juta Dollar, bandingkan dengan harga pembelian airframe yang hanya kurang dari 88 Juta Dollar.

A-4 Skyhawk USMC
A-4 Skyhawk USMC

A-4 Skyhawk milik Angkatan Udara Malaysia hasil modifikasi ini dinamakan A-4PTM dan TA-4PTM untuk varian kursi gandanya. Kode PTM disini berarti Peculiar To Malaysia, dibuat khusus untuk Malaysia. Pengiriman pesawat pesawat tempur hasil modifikasi ini dimulai pada tanggal 23 Februari 1985. Beberapa tahun setelah A-4E Skyhawk yang kita beli mendarat di Tanjung Priok.

BACA JUGA :  PT DI Akan Ekspor Pesawat NC-212i, CN-235 Ke Senegal Dan Kongo

Perdana Menteri merangkap Menteri Pertahanan Malaysia waktu itu, Mahathir Mohamad menerima penyerahan 10 A-4PTM dan sekaligus meresmikan berdiriny Skadron Udara 6 sebagai rumah baru bagi pesawat lama rasa baru tersebut. Pengiriman 40 pesawat selesai di tahun 1986.

A-4 Skyhawk Malaysia
A-4 Skyhawk Malaysia

Kebetulan, era 1985 adalah era krisis keuangan di Malaysia. Dan krisis pertama di pemerintahan perdana menteri Mahathir Mohamad ini juga membuat masalah anggaran dan mempengaruhi kemampuan keuangan negara dan neraca pembayaran Malaysia.

Namun hal itu tidak membuat pemerintah Malaysia berhenti melakukan pembelian aneh lain. Di tahun 1985 pemerintah Malaysia membeli dua unit pesawat amphibi bekas pakai yang dinegara negara lain, termasuk di Indonesia sudah dipensiunkan, Grumman HU-16B Albatross untuk digunakan oleh Angkatan Udara Malaysia. Grumman sendiri adalah kontraktor utama dari proyek refurbish A-4PTM Malaysia.

Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pesawat Latih T50A Capai 100 Sorti Penerbangan

Pesawat Latih T50A Capai 100 Sorti Penerbangan

0
Hobbymiliter.com - Pesawat Latih T50A Capai 100 Sorti Penerbangan. Lockheed Martin, perusahaan produsen pesawat tempur asal Amerika Serikat, berhasil membukukan catatan baru dalam rangkaian sejarah perusahaan...

Recent Comments