Wednesday, August 10, 2022
HomeBlog MiliterReferensiPengertian Serta Tujuan Sistem Hukum Indonesia

Pengertian Serta Tujuan Sistem Hukum Indonesia

Hukum Perdata di Indonesia seperti Kitab Undang-undang Hukum Perdata atau KUHPer merupakan terjemahan dari Burgerlijk Wetboek atau BW diberlakukan sejak tahun 1859 di Indonesia yang saat itu masih disebut Hindia Belanda. Hukum perdata Belanda itu sendiri merupakan saduran hukum perdata yang berlaku di Perancis tentu saja disertai dengan beberapa penyesuaian.

Hukum Acara di Indonesia

Merupakan sistem hukum yang terdiri dari berbagai ketentuan yang mengatur bagaimana cara dan juga siapa yang berwenang menegakkan hukum materiil apabila terjadi pelanggaran terhadap hukum materiil.

BACA JUGA :  Sejarah Axis Power Pada Perang Dunia 2

Hukum Acara Pidana di Indonesia

Seperti diulas sebelumnya, hukum acara pidana merupakan hukum yang mengatur tata cara berperkara atau beracara di pengadilan dalam lingkup hukum pidana, diatur dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 1981.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Korps Marinir TNI AL Terima MLRS Type 90B Buatan NORINCO China

Korps Marinir TNI AL Terima MLRS Type 90B Buatan NORINCO China

1
HobbyMiliter.com - Korps Marinir TNI AL Terima MLRS Type 90B Buatan NORINCO China. Diam - diam, Korps Marinir TNI AL kembali menambah jumlah alat utama sistem...

Recent Comments