Sunday, January 17, 2021
Home Hadapi Ancaman Korut, Jepang Pertimbangkan Beli Sistem Pencegat Rudal Dari AS

Hadapi Ancaman Korut, Jepang Pertimbangkan Beli Sistem Pencegat Rudal Dari AS

Hobbymiliter.com – Jepang kemungkinan besar akan meningkatkan anggaran militernya sebagai bentuk reaksi dari ancaman Korea Utara yang semakin hari semakin mengkhawatirkan. Namun, beberapa pengamat mengkritik soal efektivitas anggaran tersebut.

“Mengingat aksi-aksi Korut sebelumnya, keperluan kita akan sistem pertahanan rudal kian hari kian meningkat,” ujar Menteri Pertahanan Jepang Tomomi Inada dalam sebuah konferensi pers pada Selasa, 20 September 2016. “Kita harus secara terus menerus mengkaji (kemungkinan ekspansi sistem tersebut).”

Jika dihitung dari tahun fiskal 2004, belanja sistem rudal militer Jepang diperkirakan akan menghabiskan sekitar 2 triliun yen (258 triliun rupiah) hingga tahun fiskal 2018 mendatang. Jika Kemenhan Jepang menginginkan ekspansi, maka angka tersebut akan melonjak.

BACA JUGA :  Korea Selatan Menghentikan Sementara Operasional Helikopter Lynx, Jasad Kru Ditemukan

Banyak pengamat menentang rencana tersebut. Direktur Peniadaan Senjata Nuklir di Pusat Penelitian Universitas Nagasaki, Hiromichi Umebayashi mengatakan langkah tersebut akan membuat lingkaran setan yang tiada habisnya.

“Semakin banyak waktu berlalu, maka semakin canggih pula teknologi nuklir Korut. Alih-alih memilih sistem pertahanan rudal, kita harusnya berusaha untuk melakukan denuklirisasi di wilayah Asia timur terutama Korut, dengan bekerjasama dengan negara-negara tetangga,“ ujar Umebayashi.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Rudal Tomahawk Generasi Kelima, Apa Istimewanya?

HobbyMiliter.com - Pada tanggal 30 November 2020, Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy,red) dikabarkan telah berhasil melaksanakan ujicoba peluncuran rudal jelajah Tomahawk varian terbaru...

Purwarupa MPF Medium Tank AS Masuki Tahap Ujicoba Pasukan

HobbyMiliter.com – Purwarupa kendaraan tempur medium tank MPF atau Mobile Protected Firepower dari dua pabrikan kendaraan tempur yang sedang bersaing untuk memenangkan kontrak pengadaan...

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis- Hobbymiliter.com. SMX-31 adalah suatu konsep kapal selam masa depan dari negeri Baguette. Konsep ini adalah unik karena memperkenalkan...

STRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

Sejarah STRIL, Sistem Koordinasi & datalink AU Swedia- Hobbymiliter.com.  Bahwa Swedia terkenal sebagai salah satu negara di semenanjung Skandinavia yang bersifat independen atau dalam...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua