Friday, April 19, 2024
HomeBlog MiliterReferensiPengertian Serta Tujuan Sistem Hukum Indonesia

Pengertian Serta Tujuan Sistem Hukum Indonesia

Hampir 60% dari populasi dunia tinggal di negara yang menganut sistem hukum yang memiliki ciri-ciri memiliki berbagai ketentuan hukum dikodifikasi atau dihimpun secara sistematis yang akan ditafsirkan lebih lanjut oleh hakim dalam menerapkannya. Selain itu sistem hukum ini tidak membatasi hukum dengan undang-undang namun hakim diberi kebebasan untuk melaksanakan atau mengabaikan undang-undang.

Sistem Hukum Anglo-Saxon

Merupakan sistem hukum yang didasarkan pada yurisprudensi atau putusan hakim terdahulu yang dijadikan dasar putusan hakim selanjutnya. Beberapa negara yang menerapkan sistem hukum ini antara lain adalah Inggris, Irlandia, Australia, Selandia Baru, Kanada, kecuali Provinsi Quebec, Amerika Serikat serta Afrika Selatan.

BACA JUGA :  Senjata Fretilin Dimasa Awal Operasi Seroja

Ada juga beberapa negara yang menerapkan sistem hukum Anglo-Saxon campuran yaitu memadukannya dengan hukum adat dan hukum agama, misalnya saja India, Pakistan, dan Nigeria.

Sistem Hukum Adat

Merupakan seperangkat aturan adat atau kebiasaan atau norma yang berlaku di suatu wilayah tertentu, seperti misalnya di pedesaan terpencil atau perkampungan yang masih mengikuti hukum adat disertai dengan sanksi sesuai aturan hukum yang berlaku di wilayah tersebut.

Sistem Hukum Agama

Merupakan sistem hukum yang berdasar pada ketentuan agama tertentu yang umumnya terdapat dalam Kitab Suci agama tersebut.

BACA JUGA :  Tujuan Jepang Memberikan Janji Kemerdekaan kepada Indonesia

Sekian pembahasan artikel terkait topik sistem hukum Indonesia, semoga membantu kamu lebih memahami topik tersebut.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Marshal Ustinov

Upgrade Radar Pada Slava Class

0
HobbyMiliter.com - Salah satu kapal perang Russia dari kelas Slava mengalami upgrade yang cukup signifikan. Walau berusia cukup tua, kapal penjelajah Marshal Ustinov ditambahkan...

Recent Comments