Monday, July 15, 2024
HomeBlog MiliterReferensiPengertian Serta Tujuan Sistem Hukum Indonesia

Pengertian Serta Tujuan Sistem Hukum Indonesia

Hampir 60% dari populasi dunia tinggal di negara yang menganut sistem hukum yang memiliki ciri-ciri memiliki berbagai ketentuan hukum dikodifikasi atau dihimpun secara sistematis yang akan ditafsirkan lebih lanjut oleh hakim dalam menerapkannya. Selain itu sistem hukum ini tidak membatasi hukum dengan undang-undang namun hakim diberi kebebasan untuk melaksanakan atau mengabaikan undang-undang.

Sistem Hukum Anglo-Saxon

Merupakan sistem hukum yang didasarkan pada yurisprudensi atau putusan hakim terdahulu yang dijadikan dasar putusan hakim selanjutnya. Beberapa negara yang menerapkan sistem hukum ini antara lain adalah Inggris, Irlandia, Australia, Selandia Baru, Kanada, kecuali Provinsi Quebec, Amerika Serikat serta Afrika Selatan.

BACA JUGA :  Yon Armed TNI AD Tertarik dengan LG-1 MK III: Howitzer 105mm

Ada juga beberapa negara yang menerapkan sistem hukum Anglo-Saxon campuran yaitu memadukannya dengan hukum adat dan hukum agama, misalnya saja India, Pakistan, dan Nigeria.

Sistem Hukum Adat

Merupakan seperangkat aturan adat atau kebiasaan atau norma yang berlaku di suatu wilayah tertentu, seperti misalnya di pedesaan terpencil atau perkampungan yang masih mengikuti hukum adat disertai dengan sanksi sesuai aturan hukum yang berlaku di wilayah tersebut.

Sistem Hukum Agama

Merupakan sistem hukum yang berdasar pada ketentuan agama tertentu yang umumnya terdapat dalam Kitab Suci agama tersebut.

BACA JUGA :  Foto Foto Pengamanan TNI ABRI Pada Kerusuhan Mei 1998

Sekian pembahasan artikel terkait topik sistem hukum Indonesia, semoga membantu kamu lebih memahami topik tersebut.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

78-elang-anti-drone-kepolisian-belanda

Unik, Polisi Belanda Gunakan Burung Elang Untuk Memburu Drone Ilegal

0
Hobbymiliter.com – AMSTERDAM - Kepolisian Belanda akan memamerkan pasukan burung elang pertama di dunia yang telah dilatih untuk memburu dan menjatuhkan drone ilegal di...

Recent Comments