Wednesday, August 10, 2022
HomeBlog MiliterReferensiPengertian Serta Tujuan Sistem Hukum Indonesia

Pengertian Serta Tujuan Sistem Hukum Indonesia

Tujuan sistem hukum pidana antara lain adalah untuk melindungi kepentingan masyarakat atau kepentingan umum. Keistimewaan sistem hukum pidana adalah hukum ini merupakan pedang bermata dua, artinya di satu sisi hukum ini berusaha melindungi kepentingan umum namun di saat bersamaan hukum ini juga menyerang kepentingan umum, yaitu dengan adanya hukuman yang dijatuhkan pada seseorang yang melakukan tindakan pidana.

Sementara asas yang berlaku dalam sistem hukum pidana adalah asas legalitas, asas tiada hukuman tanpa kesalahan, asas hukum pidana khusus mengesampingkan hukum pidana umum, asas nationalitas aktif, serta asas nationalitas pasif, asas universal dan asas teritorial.

BACA JUGA :  Indo Defence 2016 : Rusia Akan Tampilkan Model Su-35 Dan T-90

Hukum Perdata di Indonesia

Merupakan ketentuan yang mengatur berbagai hak serta kepentingan antara individu dalam masyarakat Indonesia yang dalam prakteknya banyak dipengaruhi tradisi hukum Civil Law atau Eropa-Kontinental dan nilai ajaran Islam terutama bagi penganut agama Islam, yaitu Hukum Islam.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

39-marinir-as-menangis-saat-ditangkap-iran

Komandan Garda Revolusi Iran: “Marinir AS Menangis Saat Kami Tangkap”

0
Hobbymiliter.com - Komandan Militer Iran mengakui bahwa Marinir AS yang dibebaskan dari tahanan Iran pada hari Rabu (13/1) kemarin “menangis” saat ditangkap karena secara ilegal...

Recent Comments