Friday, August 12, 2022
HomeBlog MiliterReferensiPengertian Ideologi Pancasila Serta Berbagai Fungsi Pancasila

Pengertian Ideologi Pancasila Serta Berbagai Fungsi Pancasila

Pengertian Ideologi Pancasila Serta Berbagai Fungsi Pancasila – HobbyMiliter.com – Pengertian Ideologi Pancasila yang dianut Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah bahwa berbagai nilai yang terkandung dalam Pancasila mesti diterapkan oleh segenap rakyat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Ideologi itu sendiri mengandung makna sebagai kumpulan ide, gagasan, keyakinan serta kepercayaan yang menyeluruh dari sistematis yang menyangkut bidang politik, sosial, kebudayaan, serta keagamaan dan memiliki derajat tertinggi sebagai nilai hidup kenegaraan dan juga kebangsaan.

Pengertian Ideologi Pancasila

Pengertian Pancasila sebagai ideologi bangsa adalah bahwa bangsa Indonesia tidak mengadopsi ideologi dari luar, namun menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam kelima sila Pancasila. Dibanding dengan ideologi dari luar, nilai yang terkandung dalam Pancasila lebih tepat dianut sebagai ideologi, karena tingkat pluralitas Indonesia yang tinggi yang ditandai dengan berbagai macam suku, budaya, agama ditambah juga kondisi demografis Indonesia yang berupa kepulauan dengan ribuan pulau yang terbentang dari Sabang hingga Merauke.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

67-marinir-as-pasang-senjata-laser-f-35b

Marinir AS Ingin Pasang Senjata Laser Pada Jet Tempur F-35B

0
Hobbymiliter.com - Seorang perwira tinggi yang bertugas untuk mempersenjatai Korps Marinir AS ingin memasang senjata laser di setiap pesawat tempur milik marinir, termasuk F-35B...

Recent Comments