Thursday, July 9, 2020
Home NATO: Rusia Enggan Melakukan Komunikasi Militer Dengan Kami

NATO: Rusia Enggan Melakukan Komunikasi Militer Dengan Kami

Hobbymiliter.com – Moskow sama sekali tidak menunjukkan minat mereka untuk membangun komunikasi militer dengan NATO, meskipun organisasi pakta keamanan Atlantik tersebutlah yang pertama kali memulai inisiatif untuk mendekati pihak Rusia. Hal ini disampaikan oleh Ketua Komite Militer NATO, Petr Pavel.

Pavel mengatakan bahwa dialog tingkat politik dan militer perlu untuk mencegah “salah perhitungan strategis” atau insiden yang serupa dengan jatuhnya pesawat Rusia Sukhoi Su-34 yang ditembak oleh pesawat Turki pada November silam, karena dituduh melanggar wilayah kedaulatan udara.

BACA JUGA :  [VIDEO] Pesawat-Pesawat Tempur Langka di Pameran Dirgantara Perdana Korut

52-rusia-enggan-berkomunikasi-militer-dengan-nato
Markas NATO di Brussels, Belgia. Sumber: Associated Press

“Sejak saya bekerja pada bulan Juni silam, saya telah mengadakan beberapa upaya untuk menggunakan saluran komunikasi militer. Hingga kini, pihak Rusia masih enggan untuk menggunakan komunikasi tersebut,” ujar Pavel kepada awak media pada hari Kami (21/1) setelah acara Sesi Komite Militer Komandan Pertahanan ke 174 di Brussels, Belgia.

Menurut Pavel, sulitnya mengadakan kontak bukan berarti antara NATO dan Rusia akan menutup saluran komunikasi. Hubungan kedua pihak memang memburuk sejak 2014 karena konflik Ukraina, dimana pakta pertahanan Atlantik ini menghentikan kerjasama dengan Rusia dan bahkan mencoba menerapkan sanksi sepihak.

BACA JUGA :  21 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Awal bulan ini, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova mengatakan negaranya telah merubah strategi ketahanan nasional mereka demi mempersiapkan Moskow untuk membangun kembali hubungan dengan NATO atas dasar kesetaraan, demi meningkatkan keamanan global khususnya di regional Euro-Atlantik. Namun Zakharova memperingkatkan NATO untuk berkomitmen dalam memperhitungkan kepentingan Rusia dan menghormati hukum internasional.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Kisah Kapal Induk Rusia Admiral Kuznetsov

Kisah Kapal Induk Rusia Admiral Kuznetsov - HobbyMiliter.com. Admiral Kuznetsov saat ini merupakan kapal induk satu satunya milik Rusia. Itupun sebetulnya dalam klasifikasi kapal Angkatan...

EA-18G Growler, Pesawat Tempur Australia Spesialis Peperangan Elektronik

EA-18G Growler, Pesawat Tempur Australia Spesialis Peperangan Elektronik - HobbyMiliter.com. Sudah sejak lama, peperangan elektronik dilakukan oleh manusia. Mulai dari penerjunan pelat pelat logam...

Mengenal AWACS, Radar Terbang Koreografer Pertempuran Udara

Mengenal AWACS, Radar Terbang Koreografer Pertempuran Udara - HobbyMiliter.com. Perang udara semakin kompleks dengan melibatkan kekuatan teknologi maju dan penguasaan informasi. Konsep early warning...

Eurosam SAMP/T MAMBA, Rudal Anti Pesawat Eropa

Eurosam SAMP/T MAMBA, Rudal Anti Pesawat Eropa - HobbyMiliter.com. Dinamisnya pertempuran udara membuat payung udara yang mumpuni tidak bisa hanya mengandalkan eksistensi pesawat tempur...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua