Thursday, January 27, 2022
HomeFalcon Shield, Sistem Anti Drone Canggih Milik Perusahaan Italia

Falcon Shield, Sistem Anti Drone Canggih Milik Perusahaan Italia

Hobbymiliter.com – Kita telah berada di zaman dimana kendaraan tanpa awak sudah menjadi sesuatu hal yang biasa. Namun bagi pihak keamanan di seluruh dunia, perangkat seperti ini menimbulkan kekhawatiran besar karena bentuknya yang kecil dan sulit untuk dideteksi. Kini, sebuah perusahaan penerbangan Italia menawarkan sebuah solusi dalam bentuk sistem anti-drone yang disebut Falcon Shield.

Perangkat drone tanpa awak yang dulunya masih memiliki sedikit penggemar kini telah menjadi barang yang bisa didapat dimana-mana. Bulan Oktober silam, pemerintah AS memperkirakan ada sekitar 1 juta perangkat drone (UAV) dengan beragam bentuk dan ukuran yang terjual pada musim libur Natal Desember silam.

BACA JUGA :  Tiongkok Peringatkan Jepang: Anda Tidak Punya Hak Atas Laut Cina Selatan

Administrasi Penerbangan Federal AS juga gagal mengatur regulasi mengenai kapan dan dimana perangkat drone ini boleh diterbangkan. Mengingat banyaknya kasus yang melibatkan pejabat tinggi sejak 2014, termasuk diantaranya sebuah perangkat drone kecil tak dikenal yang ditemukan jatuh di halaman Gedung Putih, membuat pihak keamanan semakin khawatir akan risiko yang ditimbulkan dari perangkat terbang yang sulit dideteksi ini.

55-sistem-anti-drone-falcon-shield
Ilustrasi sistem Falcon Shield milik Selex Italia. Sumber: Ibtimes

Untuk mengurangi kekhawatiran tersebut, perusahaan penerbangan Selex telah mengembangkan sebuah sistem pertahanan yang diberi nama Falcon Shield. Dengan menggabungkan radar, kamera, dan mikrofon, sistem ini dapat mendeteksi, mengenali, melacak, dan menembak drone berukuran kecil.

BACA JUGA :  NATO Akan Tempatkan Pesawat E-3 AWACS di Timur Tengah Oktober Mendatang

“Falcon Shield memanfaatkan teknologi sensor ES milik Selex yang dikenal akan kinerjanya, lensa pasifnya, serta sistem pengawasan eletronik yang digabungkan dengan radar skenario khusus,” demikian tulis perusahaan tersebut dalam situs web resminya.

“(Teknologi) ini akan memberi (Anda) kemampuan mendeteksi ancaman, pengenalan dan pelacakan secara terintegrasi. Teknologi inilah yang memungkinkan Falcon Shield untuk beroperasi di berbagai lingkungan mulai dari lapangan luas hingga yang paling berantakan sekalipun, seperti ‘lembah perkotaan.’”

Dirancang untuk dipasang di area yang berpotensi membahayakan seperti stadium olahraga dan pembangkit listrik tenaga nuklir, Falcon Shield juga memiliki fitur remote override yang terbukti handal di area perkotaan yang padat.

BACA JUGA :  Tangkal Efek Brexit, Jerman dan Prancis Akan Berbagi Pesawat dan Pangkalan Udara

Ketika sebuah drone ilegal dideteksi, maka Falcon Shield dapat mengambil alih kendalinya dan kemudian mendaratkannya secara aman.

“Di dalam sistem Falcon Shield ada kemampuan serangan elektronik khas Selex ES yang memungkinkan pengguna untuk mengacaukan dan mengambil alih kendali pengancam,” demikian tertulis dalam situs web mereka.

Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.com Simak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

13-1200px-EC-130E_PA_ANG_over_Harrisburg_1980-1024x691

C-130 Hercules, Pesawat Angkut Militer Yang Multifungsi

0
Lockheed C-130 Hercules adalah salah satu pesawat angkut militer buatan Amerika. Pesawat buatan Lockheed Martin ini sudah melakukan berbagai misi mulai dari bantuan kemanusiaan, penegakan...

Recent Comments