Thursday, April 18, 2024
HomeBlog MiliterMortir Mekatronik 81mm Buatan Litbang TNI AD

Mortir Mekatronik 81mm Buatan Litbang TNI AD

HobbyMiliter.com – Mortir Mekatronik 81mm Buatan Litbang TNI AD. Litbang TNI AD sepertinya tengah focus pada pengembangan sistem mortir reaksi cepat (super rapid mortar) berbasis teknologi mekatronik. Purwarupa pertama sudah dipublikasikan pada event Indo Defence 2016 yang lalu, saat ini Dislitbang TNI AD  memperkenalkan kembali prototype yang telah disempurnakan dari mortir berkaliber 81 mm teknologi mekatronik. Walaupun masih purwarupa, desain mortir mekatronik yang terbaru sudah termasuk lengkap, seperti adanya plate (dudukan) sehingga mampu diinstal pada kendaraan tempur.
mortir mekatronika 2

Mortir mekatronik menawarkan teknologi semi automation transfer system serta automatic fire control system, sehingga kecepatan tembak mortir mampu meningkat pesat, mortir ini bisa melontarkan hingga 10x tembakan per menit. Perbandingannya dengan tembakan mortir konvensional yang mengandalkan regu tembak, maksimal hanya 6x per menit.

BACA JUGA :  Mortir: Pendukung Infanteri Bermobilitas Tinggi

Hampir mirip dengan prototipe pertama mortir mekatronik, prototipe yang kedua ini mengusung sistem kontrol via aplikasi smartphone yang berbasis Android. Dari sisi daya, mortir mekatronik digerakkan oleh motor DC yang juga dapat diambil dari sistem listrik kendaraan yang mengangkutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

sistem pemandu rudal 1

Inilah Sistem Pemandu Rudal Yang Sering Digunakan Arhanud TNI

0
HobbyMiliter.com - Inilah Sistem Pemandu Rudal Yang Sering Digunakan Arhanud TNI. Karena memiliki tujuan untuk memburu dan menghantam pesawat tempur, maka sudah sewajarnya apabila...

Recent Comments