Thursday, May 30, 2024
HomeLaksama AL Tiongkok Peringatkan AS Soal Aksi Provokasi Di Laut Cina Selatan

Laksama AL Tiongkok Peringatkan AS Soal Aksi Provokasi Di Laut Cina Selatan

Hobbymiliter.com – Beberapa bulan terakhir, Pentagon kerap melancarkan aksi provokatif atas nama “kebebasan berlayar” dengan berpatroli sejauh 12 mil dari batas territorial proyek reklamasi kepulauan Spratly di Laut Cina Selatan. Kepulauan ini sendiri ikut diklaim oleh Tiongkok.

Sementara itu, dalam sebuah pertemuan tertutup di hari Senin (18/7), Sun Jianguo, Laksamana AL Tiongkok yang menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Gabungan di Komisi Militer Pusat Tiongkok, mengatakan bahwa “kebebasan berlayar” tidak akan pernah diganggu oleh Tiongkok, namun aksi provokasi militer akan mengundang konsekuensi berat.

BACA JUGA :  Akibat Salah Kirim, Rudal Hellfire Milik AS "Menyasar" ke Kuba

“Sejak kapan kebebasan berlayar di Laut Cina Selatan pernah terganggu? Tidak pernah, baik di masa lampau maupun sekarang, dan juga di masa depan. Tidak akan ada masalah selama tidak ada pihak yang bermain trik,” kata Jianguo.

“Namun Tiongkok secara konsisten menolak “kebebasan berlayar militer” yang membonceng ancaman militer yang mengganggu dan menginjak-injak martabat hukum perairan internasional. Kebebasan berlayar militer seperti ini dapat mengganggu kebebasan di Laut Cina Selatan, dan bahkan dapat berbuah bencana,” tandasnya.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

20-perangi-isis-prancis-kirim-kapal-pengangkut-jet-tempur-rafale

Perangi ISIS, Prancis Kirim Kapal Pengangkut Jet Tempur Rafale Plus Senjata...

0
Hobbymiliter.com - Prancis akan mengirim artileri dan kapal pengangkut jet tempurnya, Charles de Gaulle, untuk membantu pasukan gabungan pemberantasan ISIS yang dipimpin oleh AS. Presiden...

Recent Comments