Indonesia Gandeng Turki Dalam Pengembangan Panser dan Tank Leopard

Hobbymiliter.com – Rupanya Indonesia sangat gencar dalam meningkatkan kualitas militernya. Ini terbukti melalui langkah Indonesia yang terus mengembangkan alutsista baik untuk kebutuhan TNI AD, AL maupun AU.

Kali ini, Indonesia bekerja sama dengan Turki dalam mengembangkan Panser tempur dan Tank Leopard. Proyek ini dipercayakan kepada PT Pindad (Persero) yang merupakan perusahaan manufaktur yang menyediakan berbagai produk mesin seperti generator dan senjata untuk militer.

“Kita sedang melakukan kerjasama dengan Turki untuk pengembangan panser tempur dengan nilai lebih dari 40 juta dolar AS. Untuk tahap awal, kita telah menggelontorkan dana kurang lebih 80 milyar rupiah untuk kerjasama itu, yang biayanya dibagi dua 50:50 antara Pindad dengan Turki” ujar Dirut PT Pindad, Silmi Karim.

Baca juga :   Tiongkok Resmi Produksi Jet Tempur Siluman J-20 Secara Massal

Dia juga mengatakan bahwa pengembangan panser dengan Turki, menjadi salah satu program Pindad hingga 2017 nanti.

“Ini program sampai 2017, di mana kalau telah selesai, kedua Negara bisa memproduksi sendiri untuk kebutuhan masing-masing negara maupun komersial untuk pembelir” tambahnya.

Selain pengembangan panser bersama Turki, PT Pindad juga sedang melakukan modifikasi terhadap tank Leopard asal Jerman, yang kini unitnya telah berada di Pindad sebanyak 26 unit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here