Monday, November 23, 2020
Home Iran: Dana $100 Miliar Yang Beku Sudah Dicairkan

Iran: Dana $100 Miliar Yang Beku Sudah Dicairkan

Hobbymiliter.com – Pemerintah Iran mengumumkan bahwa negaranya kini dapat mengakses dana sebesar $100 miliar yang sebelumnya dibekukan akibat sanksi dari Barat. Pelepasan sanksi ini berlaku setelah negara-negara adidaya menyepakati beberapa kerjasama dengan Iran pada Januari silam.

“Aset-aset ini sudah dibebaskan secara penuh dan kami sekarang dapat menggunakannya,” ujar juru bicara Pemerintah Iran, Mohammad-Baqer Nobakht kepada jaringan televise Alalam pada Minggu (31/1) malam.

Kebanyakan dana penjualan minyak Iran beku di beberapa rekening bank yang tersebar di banyak negara, seperti Tiongkok, Korea Selatan, Jepang, Turki, dan India dalam beberapa tahun terakhir.

BACA JUGA :  Leonardo AW139M: Helicopter Pesaing Black Hawk dan Caracal

Negara-negara diatas menahan dana Iran karena adanya sanksi yang diterapkan oleh negara Barat pada 2012 silam. Sanksi ini membuat Teheran tidak bisa menarik kembali dana tersebut. Meskipun Iran sebenarnya dapat menggunakan jasa bank internasional, namun kalangan perbankan tidak dapat memproses transaksinya karena Iran secara resmi dikeluarkan dari jaringan transaksi keuangan SWIFT yang menjadi pedoman secara global.

 

85-dana-iran-$100-miliar-sudah-cair
Jurubicara Pemerintah Iran, Mohammad-Baqer Nobakht. Sumber: Press TV

Kini, lebih dari sembilan bank Iran sudah terhubung kembali dengan jaringan SWIFT pada Senin (1/2), ujar Gubernur Bank Sentral Iran, Valiollah Seif.

BACA JUGA :  Korea Utara Akan Luncurkan Roket Luar Angkasa, AS Keberatan

Namun, jumlah $100 miliar yang ditahan tersebut tidak semuanya akan dipulangkan secara serempak. Pejabat Iran khawatir hal ini akan menimbulkan inflasi bila uang sebesar itu tiba-tiba masuk ke dalam peredaran moneter negeri mereka.

Iran kemungkinan besar akan memindahkan dana tersebut ke beberapa bidang di luar negeri dengan cara membeli barang ataupun berinvestasi.

Jurubicara pemerintah mengatakan, “Tidak perlu membawa uang masuk sebanyak itu. Memang, kami akan membutuhkan uang dalam jumlah tertentu untuk dibawa pulang. Namun jika ditinjau secara keseluruhan, hal ini tidak diperlukan mengingat Iran dapat menggunakannya via rekening bank pemerintah di luar negeri.”

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis- Hobbymiliter.com. SMX-31 adalah suatu konsep kapal selam masa depan dari negeri Baguette. Konsep ini adalah unik karena memperkenalkan...

STRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

Sejarah STRIL, Sistem Koordinasi & datalink AU Swedia- Hobbymiliter.com.  Bahwa Swedia terkenal sebagai salah satu negara di semenanjung Skandinavia yang bersifat independen atau dalam...

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?- Hobbymiliter.com. Bidang Pertahanan udara dewasa ini memiliki sebuah pertanyaan,  utamanya setelah perang Suriah, Libya, serangan drone AS di...

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS- hobbymiliter.com. Bahwa dewasa ini kita mengenal Angkatan laut AS utamanya dari armada kapal selam nuklirnya. Nama-nama seperti...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua