Wednesday, April 24, 2024
HomeKurdistan Irak Serukan Referendum Pembentukan Negara Sendiri

Kurdistan Irak Serukan Referendum Pembentukan Negara Sendiri

92-kurdistan-irak-serukan-referendum-pembentukan-negara-sendiri
Presiden Pemerintah Otonom Regional Kurdistan, Masoud Barzani. Sumber: Reuters

Dalam kurun beberapa tahun terakhir, wilayah Kurdistan Irak banyak melakukan kegiatan untuk melepaskan keterikatannya dari pemerintahan Baghdad. Diantaranya adalah dengan membangun jaringan minyak secara mandiri ke Turki, dan mengekspor komoditas minyak. Namun, kehadiran ISIS di seputar tanah ulayat mereka di Irak dan Suriah, serta kemunduran harga minyak dunia membuat perkembangan daerah semi-otonomi Kurdistan mengalami perlambatan.

“Daerah kami banyak mengalami bencana dan sedang menuju ke arah perubahan. Warga Kurdistan bukanlah penyebabnya. Kaum Kurdi hanyalah korban, sementara pihak lain banyak membawa bencana dan konflik ke daerah kami,” katanya.

BACA JUGA :  Operasi Pembebasan Mosul Resmi Dimulai, Masa Depan Irak Dipertaruhkan

“Seperti halnya Skotlandia, Katalan, dan Quebec serta wilayah-wilayah dari berbagai belahan dunia yang punya hak untuk mengutarakan niat mereka untuk mengatur nasib sendiri, Kurdistan juga punya hak tersebut, dan hal itu tidak dapat ditawar lagi,” ujar Barzani.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Penandatanganan penyerahan kota Solo dan Pacitan dari Belanda ke pasukan Republik di Stadion Solo 12 November 1949. Belanda diwakili oleh Kolonel van Ohl dan Republik Indonesia diwakili oleh Letnan Kolonel Slamet Rijadi. Tampak Mayor Jendral Mollinger dibelakang keduanya. Letkol Slamet Rijadi sebelumnya memimpin Serangan Umum Surakarta melawan pasukan Kol. van Ohl, 7-10 Agustus 1949.

Kisah Slamet Riyadi, Pahlawan Nasional dari Solo

0
HobbyMiliter.com - Slamet Riyadi, Pahlawan Nasional dari Solo. Dalam kegiatan Operasi Senopati untuk menumpas pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS) tahun 1950, Letnan Kolonel Slamet...

Recent Comments