Sunday, February 5, 2023
HomeKurdistan Irak Serukan Referendum Pembentukan Negara Sendiri

Kurdistan Irak Serukan Referendum Pembentukan Negara Sendiri

92-kurdistan-irak-serukan-referendum-pembentukan-negara-sendiri
Presiden Pemerintah Otonom Regional Kurdistan, Masoud Barzani. Sumber: Reuters

Dalam kurun beberapa tahun terakhir, wilayah Kurdistan Irak banyak melakukan kegiatan untuk melepaskan keterikatannya dari pemerintahan Baghdad. Diantaranya adalah dengan membangun jaringan minyak secara mandiri ke Turki, dan mengekspor komoditas minyak. Namun, kehadiran ISIS di seputar tanah ulayat mereka di Irak dan Suriah, serta kemunduran harga minyak dunia membuat perkembangan daerah semi-otonomi Kurdistan mengalami perlambatan.

“Daerah kami banyak mengalami bencana dan sedang menuju ke arah perubahan. Warga Kurdistan bukanlah penyebabnya. Kaum Kurdi hanyalah korban, sementara pihak lain banyak membawa bencana dan konflik ke daerah kami,” katanya.

BACA JUGA :  Pesawat Made in Indonesia Terus Dikembangkan

“Seperti halnya Skotlandia, Katalan, dan Quebec serta wilayah-wilayah dari berbagai belahan dunia yang punya hak untuk mengutarakan niat mereka untuk mengatur nasib sendiri, Kurdistan juga punya hak tersebut, dan hal itu tidak dapat ditawar lagi,” ujar Barzani.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

UH-60M 1

Peran UH-60M Black Hawk Dalam Kavaleri Udara TNI AD

0
HobbyMiliter.com – Peran UH-60M Black Hawk Dalam Kavaleri Udara TNI AD. TNI AD dikabarkan akan memesan helikopter angkut tingkat sedang UH (Utility Helicopter)-60 Black Hawk sejak...

Recent Comments