Jangkauan Radar OTHR Jindalee Australia
Jangkauan Radar OTHR Jindalee Australia

HobbyMiliter.com – Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia. Meski telah jutaan tahun membalut Bumi, belum seluruh bagian atmosfer bisa dipahami. Diluar perannya sebagai mantel Bumi, ia ternyata bisa dimanfaatkan sebagai medium radar canggih yang diberi nama Over The Horizon Radar. Sebuah keunikan ionosfer.

Inilah yang namanya kebesaran Tuhan. Bahwa, meski berhubungan langsung dengan lingkungan dalam tatasurya yang belum sepenuhnya kita kenal, Bumi masih memiliki perisai yang mampu menahan segala pengaruh eksternal yang destruktif. Hantaman sinar kosmik dan bombardemen meteor yang mampu menimbulkan kerusakan massal, misalnya, bisa ditahan atau minimal terkurangi.

Uniknya perisai yang diberi nama atmosfer ini tak memiliki ujud yang jelas dan tak berwarna. Ia hanya seperti plasma yang kadang berpendar berselimut awan yang menutup ketat Bumi dengan permukaan yang demikian luas. Sama sekali tak terbayang lapisan yang ramah ini mampu menahan berbagai serangan tadi.

Baca juga :   Taktik Dogfight Kanon Klasik di Era Jet tempur Modern

Lewat serangkaian penelitian yang seksama, meski belum tuntas benar, diketahui bahwa dalam lapisan ini pun masih bisa dipilah-pilah lagi menurut ketinggian (vertikal), suhu, dan sifatnya. Sejauh yang diyakini, atmosfer terbagi atas lima lapisan, yakni (mulai dari yang terendah) troposfer, stratosfer, mesosfer, ionosfer, dan termosfer. Dari stratanya mudah dipahami, bahwa troposfer-lah yang paling banyak berkaitan dengan kehidupan di Bumi. Lapisan ini terdiri dari gas-gas yang fundamental: oksigen, nitrogen, hidrogen, dan lain-lain. Lapisan ini pula yang menentukan akan kemana arah fenomena cuaca dan turbulensi atmosfer hari ini, esok, atau hari yang lalu. Lapisan ini juga bisa diibaratkan mantel penahan suhu, dimana setiap kenaikan satu kilometer, suhunya akan berkurang 6,5 derajat Celcius. Lapisan ini memiliki ketinggian yang variatif cenderung menurun, dimana di atas ekuator mencapai 16 kilometer dan menurun hingga menjadi delepan kilometer di atas kutub.

Baca juga :   Mengenal Radar Sukhoi N001 Myech (Slot Back)
Inilah bentuk radar OTHR Jindalee Australia, tidak seperti radar yang biasa kita lihat di bandara.
  • Facebook
  • Google+
  • Twitter
  • Tumblr
  • Pinterest
Inilah bentuk radar OTHR Jindalee Australia, tidak seperti radar yang biasa kita lihat di bandara.

Tepat di atas troposfer adalah lapisan stratosfer, lapisan dengan ozon yang selama ini dikenal sebagai penyaring sinar ultraviolet, penyebab kanker kulit. Di atas stratosfer, semula ilmuwan menyangka tak banyak lagi dampak positif yang bisa diharapkan karena sudah begitu tak stabil komposisinya. Keyakinan ini setidaknya bertahan hingga sekitar tahun 1970-an ketika Kasus Luxembourg yang terjadi pada 1933 terpecahkan. Kasus yang terjadi pada saat transmisi gelombang radio masih baru-barunya didayagunakan untuk berbagai kepentingan penyampaian informasi ini, tak lain merupakan titik pijak pemahaman orang atas manfaat ionosfer. Pada kasus ini, persisnya, para ahli fisika terheran-heran ketika menyimak siaran yang dipancarkan dari sebuah stasiun radio di Luxembourg terdengar hingga Beromunster, Swiss, dalam frekuensi yang berbeda.

lanjut halaman berikut
1
2
3
Jangan lupa isi form komentar di bawah
ARTIKEL MENARIK LAINNYA UNTUK ANDA