Friday, September 25, 2020
Home TNI POLRI Gunakan Skytrack untuk Pantau Daratan dari Udara

TNI POLRI Gunakan Skytrack untuk Pantau Daratan dari Udara

Hobbymiliter.com – PT LEN Industri memproduksi balon udara berteknologi canggih yang mampu memantau situasi darat dari udara. Balon udara itu diberi nama Skytrack.

Dirut PT LEN Industri, Abraham Mose, mengatakan bahwa Skytrack sangat cocok untuk memantau situasi darat di wilayah blank spot, wilayah yang berlokasi jauh dari jangkauan kepolisian seperti Sulawesi dan Papua. Sampai saat ini PT LEN masih merahasiakan wujud asli dari balon udara tersebut, tapi Abraham memastikan Skytrack dibuat untuk mendukung petugas negara seperti TNI dan Polri. Mendengar tentang teknologi Skytrack, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti pun berminat menggunakan alat tersebut.

BACA JUGA :  Vietnam Peringatkan Tiongkok Untuk Tidak Mengebor Minyak Di Area Sengketa

Abraham menjelaskan bahwa skytrack dilengkapi dengan berbagai macam sensor, dan di saat mengudara, balon udara tersebut aman dari sasaran tembak.

“Repeater atau alat penguat sinyal, kamera sensor, dan lain – lain dipasang di balon udara. Skytrack menjadi wadah yang bisa melihat apakah ada pergerakan di bawah dalam jarak yang cukup jauh. Kami isi macam-macam sensor, tapi kami tidak mungkin menyampaikan rinciannya, salah satunya sensor panas,” ujarnya.

“Bisa mencapai hampir satu kilometer. Kalau di ketinggian 900 meter kemungkinan hanya bisa dilihat oleh sniper. Tadi sudah kita sampaikan kepada Pak Kapolri,” tambahnya.

BACA JUGA :  Video Korea Selatan Launching Kapal Selam Tipe 209/1400 Pesanan Indonesia

Rencananya, Skytrack akan diuji coba sesuai permintaan Kapolri Badrodin Haiti.

“Mungkin di Poso atau Papua. Tapi sementara, Kapolri belum menentukan tempatnya,” ungkap Abraham, di PT LEN Industri, Bandung, Jawa Barat, (18/3/2016).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ngeteng, Cara Angkatan Udara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF

Beli Ngeteng, Cara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF - HobbyMiliter.com. Dalam diskusi diskusi di forum forum militer online maupun di grup grup militer di Facebook,...

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia - HobbyMiliter.com - Meski telah jutaan tahun membalut Bumi, belum seluruh bagian atmosfer bisa...

Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an

Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an - HobbyMiliter.com. Perang Soviet di Afghanistan berlangsung selama lebih dari sembilan tahun....

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet - HobbyMiliter.com. Pada saat persiapan operasi Trikora dalam rangka perebutan Irian Barat (sekarang Provinsi...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua