Wednesday, May 18, 2022
HomeKapal Fregat PKR KRI RE Martadinata Sukses Lakukan Ujicoba Pelayaran

Kapal Fregat PKR KRI RE Martadinata Sukses Lakukan Ujicoba Pelayaran

Hobbymiliter.com – Kapal Perusak Kawal Rudal (PKR) SIGMA 10514 milik TNI AU, KRI Raden Eddy (RE) Martadinata, sukses melakukan ujicoba pelayaran perdananya. Kapal bertipe fregat dengan teknologi rudal pemandu ini juga berhasil diselesaikan tepat waktu. Hal ini disampaikan langsung oleh Damen Shipyard Belanda selaku perakit kapal pada hari Selasa (13/9).

KRI RE Martadinata akan mengusung nomor panji 331. Kapal ini merupakan salah satu dari dua unit kapal fregat yang dikerjakan secara bersama-sama oleh PT PAL selaku BUMN galangan kapal Indonesia, serta Damen Belanda selaku rekanan.

BACA JUGA :  10 Kapal Perang TNI AL Perlu Diremajakan

Pertama-tama, KRI RE Martadinata diwajibkan menjalani percobaan dalam kolam percontohan (basin) di fasilitas milik PT PAL di Surabaya. Hal ini untuk memastikan sistem penggerak dan keamanannya sudah beroperasi secara optimal sebelum melakukan pelayaran perdana di lautan.

Kemudian, kapal tersebut berlayar dari Surabaya ke Laut Jawa di utara untuk menjalani ujicoba pelayaran. Sistem persenjataan, radar, sonar juga ikut diujicobakan dalam pelayaran tersebut, kata perwakilan dari Damen.

“Ujicobanya sendiri terbilang sukses, dimana hampir setiap sistem yang ada berhasil lolos dari penilaian ketika pertama kali dioperasikan,” kata pabrikan tersebut. Damen juga menambahkan bahwa beberapa penggalan badan kapal seperti area akomodasi, masih membutuhkan pembetulan kecil-kecilan. Pembetulannya sendiri akan dikerjakan pada akhir September ini.

Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.com Simak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

75-tiongkok-dan-rusia-buka-latihan-al-bersama-di-laut-cina-selatan

Tiongkok dan Rusia Resmi Buka Latihan AL Gabungan Di Laut Cina...

0
Hobbymiliter.com - Latihan angkatan laut gabungan antara Tiongkok dan Rusia untuk tahun 2016 resmi dibuka. Wakil Komandan Angkatan Laut Pasukan Pembebasan Rakyat (PLAN), Laksamana...
11692754_1023557004324232_5290383548267135133_n

Beauties of 60’s

Recent Comments