Sunday, April 28, 2024
HomeBantu Operasi Perebutan Mosul, AS Kirim 600 Pasukan Lagi Ke Irak

Bantu Operasi Perebutan Mosul, AS Kirim 600 Pasukan Lagi Ke Irak

Hobbymiliter.com – Amerika Serikat akan mengirim tambahan 600 pasukan untuk melatih militan lokal untuk menyiapkan diri jelang operasi besar-besaran untuk merebut kota Mosul dari tangan Daesh (ISIS). Demikian disampaikan oleh Menteri Pertahanan AS, Ashton Carter pada hari Rabu, 28 September.

ISIS berhasil merebut kota Mosul beserta beberapa area di sekitarnya pada Juni 2014 silam. Sejak saat itu, militer Irak secara perlahan merebut lahan-lahan strategis di sekitarnya dari tangan para teroris. Kini, mereka mempersiapkan diri untuk memberangus keberadaan ISIS di kota terbesar kedua di negara tersebut.

BACA JUGA :  Penampakan Kapal Induk Type 001A Buatan China

“Pasukan (AS) akan diutamakan untuk melatih pasukan keamanan Irak, serta Peshmerga (militan Kurdi) untuk menjalankan operasi pengepungan dan pemberangusan kendali ISIS di Mosul,” ujar Carter dalam konferensi pers di New Mexico.

“(Hal itu juga ditujukan) untuk melindungi dan memperluas cengkeraman pasukan keamanan Irak di wilayah-wilayah lain disana,” tambah Carter.

Pasukan AS akan bertolak ke Qayyarah, pangkalan udara militer yang letaknya sangat strategis dari Mosul. Pangkalan yang jaraknya hanya 65 kilometer dari selatan kota Mosul itu akan dijadikan pusat distribusi logistik untuk mengirim pasokan perang dan unit pasukan ke dalam kota.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia

6 Bukti Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia

0
6 Bukti Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia - HobbyMiliter.com - Peran Indonesia dalam perdamaian dunia sudah terbukti bahkan sejak kemerdekaan tahun 1945. Komitmen Indonesia dalam...

Recent Comments