Friday, December 3, 2021
HomeBlog MiliterTD Malabar, Kapal Tunda Produksi Dalam Negeri Siap Diluncurkan

TD Malabar, Kapal Tunda Produksi Dalam Negeri Siap Diluncurkan

Selain memproduksi produk kapal kargo untuk keperluan niaga, serta produk kapal perang kelas Kapal Patroli, Kapal Cepat Rudal, serta yang terbaru, kelas SSV dan Perusak Kawal Rudal, PT. PAL Indonesia (Persero) rupanya juga sudah sejak lama mampu memproduksi kapal tunda atau Tug Boat untuk mendukung kapal – kapal yang hendak sandar ke dermaga. Adapun kapal  Tug Boat tersebut dapat digunakan untuk keperluan sipil maupun militer.

 

Kali ini datang kabar bahwa PT. PAL telah sukses menyelesaikan pembuatan satu unit kapal Tug Boat pesanan TNI AL. Kapal ini menjadi unit ke 3 yang diserahkan PT. PAL Indonesia (Persero) kepada TNI AL. Sebelumnya dalam pesanan yang berbeda, TNI AL memesan 2 unit kapal tunda dengan tipe yang sama, yakni tipe 2.400HP, yang kemudian setelah selesai diproduksi dan diserahkan untuk bertugas di jajaran TNI AL dinamakan TD Galunggung dan TD Anjasmoro. Adapun nama kapal ketiga yang akan diserahkan kepada TNI AL yakni TD Malabar.

BACA JUGA :  Menhan Israel: Jika Hamas Menyerang Kami, Tamat Riwayat Mereka

 

TD Malabar merupakan kapal tunda dengan kekuatan mesin sebesar 2.400 HP (Horse Power). Kapal ini memiliki dimensi panjang 29 meter, lebar 9 meter, dan draught 3,5 meter. Dengan 2 unit mesin yang tiap unit nya berkekuatan 1.200 Tenaga Kuda atau Horse Power menjadikan kapal ini mampu untuk menarik beban seberat 30 ton.

 

Dalam sistem penamaan kapal TNI AL, kapal tunda biasanya dinamai dengan nama gunung di Indonesia. Kabar terakhir yang dihimpun tim hobbymiliter, TD Malabar telah siap untuk diluncurkan. Adapun posisi kapal saat ini telah dikeluarkan dari tempat perakitan atau assembly nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua