Wednesday, April 24, 2024
HomeBlog MiliterMenhan Filipina: Kami Bisa Hidup Mandiri Tanpa Bantuan Militer AS

Menhan Filipina: Kami Bisa Hidup Mandiri Tanpa Bantuan Militer AS

Menhan Filipina, Delfin Lorenzana (kiri) beserta Presiden Rodrigo Duterte (kanan). Sumber: VOA News
Menhan Filipina, Delfin Lorenzana (kiri) beserta Presiden Rodrigo Duterte (kanan). Sumber: VOA News

“Inilah mungkin waktunya untuk meninjau kembali hubungan kami. Kami tidak pernah mempertanyakannya. Pihak yang satunya lagi juga menilai hubungan kami tanpa tanda tanya, jadi sekarang saya ingin bertanya: Apakah kita mendapat manfaat? Apakah kita mendapat apa yang harusnya kita terima dari persekutuan dengan pihak Amerika?” kata Lorenzana.

Menhan Filipina mengatakan secara pribadi ia lebih suka agar pakta kerjasama bertajuk Enhanced Defense Cooperation Agreement (EDCA) ditinjau ulang. Pakta tersebut ditandatangani Washington dan Manila pada 2014 silam.

BACA JUGA :  Tiga Kapal Perang TNI AL "Sisir" Perairan Aceh

Pejabat tinggi pertahanan dan militer AS serta Filipina akan bertemu pada akhir bulan ini untuk membahas hal-hal yang dianggap menjadi ganjalan dalam hubungan militer kedua negara. Lorenzana mengakui pakta EDCA juga kemungkinan akan ikut dibahas dalam pertemuan tersebut.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

IRAQ-CONFLICT-RAMADI

Setelah Berhasil Membebaskan Kota Ramadi, Irak Kini Punya Tugas Berat

0
Hobbymiliter.com - Irak baru saja merebut kembali keseluruhan kota Ramadi dari tangan ISIS. Namun, pemerintah Baghdad akan menghadapi kesulitan dalam mencabut seluruh ranjau yang masih...

Recent Comments